SOLOPOS.COM - Ilustrasi Wonosobo Night Fashion Carnival. (Solopos.com-Antara/Humas Pemkab Wonosobo)

Solopos.com, WONOSOBO — Dinas Pariwisata dan Kebudyaan (Disparbud) Kabupaten Wonosobo menggelar Wonosobo Night Fashion Carnival 2023. Acara yang berlangsung Sabtu (26/8/2023) malam itu digelar untuk memeriahkan HUT ke-78 RI dan juga menghidupkan wisata malam di Wonosobo.

Kabid Pemasaran Disparbud Wonosobo, Fatonah Ismangil, mengatakan acara tersebut akan diikuti puluhan peserta baik dari Wonosobo maupun luar daerah seperti Yogyakarta, Salatiga, dan Banjarnegara.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Ia menyampaikan tema dalam kegiatan ini Magnifique Culture (Pariwisata, Budaya, dan Ekonomi Kreatif), yang terbagi dalam dua kategori yakni kategori lokal dan kategori festival.

“Kategori lokal tema yang diusung lebih mengerucut pada potensi pariwisata, budaya, dan ekonomi kreatif lokal Wonosobo. Sedangkan kategori festival mengusung potensi pariwisata, budaya, dan ekonomi kreatif, secara umum yang ada di Indonesia,” katanya, dilansir dari Antara, Sabtu.

Ia menuturkan kostum-kostum kategori lokal bertema pariwisata seperti Tuk Bimo Lukar, Telaga Warna, Sikunir, Lubang Sewu, dan Telaga Menjer. Kemudian tema budaya dan ekonomi kreatif mengusung kostum Topeng Lengger dan batik, bundengan dan anyaman bamboo, balon udara, makanan khas Wonosobo seperti carica, purwaceng, dan mi ongklok, serta salah satu kekayaan budaya yang khas yakni rambut gimbal.

Selain untuk merepresentasikan karya-karya desainer kostum yang kreatif, lanjutnya, Wonosobo Night Fashion Carnival juga bertujuan menarik wisatawan berkunjung ke Wonosobo dan lama tinggal mereka bertambah.

Fatonah menjelaskan setiap tim, maksimal terdiri dari 10 orang, yang berkostum kreatif dan inovatif. “Selain dinilai oleh juri, para peserta dari perwakilan perangkat daerah, pelaku wisata, seniman, pelaku kreatif, komunitas, dan para perancang busana, juga akan memperlihatkan kebolehannya berjalan di catwalk untuk memamerkan kostum yang dikenakan kepada tamu undangan dan masyarakat,” katanya.

Menurutnya dia, kegiatan ini agak berbeda dari penyelenggaraan sebelumnya karena diselenggarakan malam hari dan rute yang ditempuh juga ada perbedaan. Selain jarak tempuh lebih pendek, arahnya juga berbeda. Jika biasanya dari arah selatan ke utara, tahun ini dibalik dari utara ke selatan.

Ia menyebutkan rute yang ditempuh pada Wonosobo Night Carnival itu dimulai dari Pendapa Kabupaten Wonosobo menuju panggung di Jalan Merdeka, berjalan di catwalk di Alun-Alun Wonosobo tengah menuju sembilan ringin kurung lurus ke selatan menuju air mancur dan Jalan Ahmad Yani sampai dengan finish di Pasar Induk Wonosobo.

Wonosobo Night Fashion Carnival disemarakkan penampilan bintang tamu dari Putera Puteri Pariwisata Jawa Tengah serta Mega Show Kebaya Adikari oleh perancang busana kenamaan Kukuh Hariyawan asal Wonosobo. Menurut dia, kegiatan ini sudah masuk dalam paket wisata yang dibuat oleh para pelaku biro perjalanan wisata, pemandu wisata, maupun yang bergerak di bidang perhotelan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya