SOLOPOS.COM - Ilustrasi aparatur sipil negara atau ASN Indonesia. (freepik.com)

Solopos.com, PEKALONGAN — Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng), pada tahun ini membutuhkan tambahan 200 aparatur sipil negara (ASN) untuk mengisi beberapa formasi jabatan yang kosong.

Pelaksana Tugas (Plt) Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Pekalongan, Agust Marhaendaya, mengatakan bahwa pengisian 200 ASN terdiri atas 50 formasi calon pegawai negeri sipil dan dan 150 formasi untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

“Rencana penambahan 200 ASN pada 2024 itu sudah kami usulkan pada pemerintah,” katanya.

Sebagai informasi, pada tahun 2024 pemerintah pusat membuka formasi aparatur sipil negara sebanyak 2,3 juta orang. Lowongan itu terbagi menjadi dua kategori, yaitu untuk instansi pusat sebanyak 428.183 orang dan instansi daerah 1.867.333 orang.

Menurut dia, pengajuan penambahan 200 ASN untuk menindaklanjuti surat dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor B/3540 M.SM.01.00/2023 tertanggal 21 Desember 2023 tentang Usulan Jumlah Kebutuhan ASN 2024.

Terkait dengan usulan formasi, kata dia, sebenarnya sudah ada surat edaran dari Kementerian PAN-RB agar pemda/kementerian/lembaga mengusulkan jumlah kebutuhan formasi ASN 2024. Namun, itu belum termasuk di dalamnya adalah jenis-jenis formasinya.

“Pada prinsipnya, kami sudah mengusulkan pada Kementerian PANRB, yaitu 200 formasi ASN yang terdiri atas 50 formasi CPNS dan 150 formasi PPPK,” katanya.

Agust menyebutkan jumlah tersebut baru berupa usulan dan masih menunggu persetujuan dari Kementerian PANRB. Sedangkan jumlah pasti penerimaan PPPK dan CPNS 2024 akan ditentukan berdasar beberapa pertimbangan, salah satunya kemampuan APBD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya