SOLOPOS.COM - Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Suryo Nugroho, saat menggelaar Pra Operasi Zebra Candi 2023 di Gradhika Bhakti Praja, Kota Semarang, Kamis (31/8/2023). (Solopos.com-Bidhumas Polda Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Kepolisian Daerah Jawa Tengah atau Polda Jateng akan menggelar Operasi Zebra Candi 2023 mulai pekan depan, atau 4-17 September 2023. Operasi lalu lintas ini akan digelar secara manual maupun elektronik dengan menggunakan sistem electronic traffic law enforcement (ETLE).

Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Suryo Nugrogo, dalam sambutannya saat menggelar pelatihan Pra Operasi Zebra Candi 2023, mengatakan kegiatan Operasi Zebra Candi sudah berulang kali dilakukan. Bahkan, operasi ini setiap tahun selalu dilaksanakan secara serentak.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

Namun, operasi pada tahun ini cara bertindak dari aparat kepolisian akan disesuaikaan dengan situasi terkini, yakni menjelang pelaksanaan Pemilu 2024.

“Artinya cara bertindak sat melakukan kegiatan Operasi Zebra menyesuaikan dengan situasi dan kondisi saat ini. Jangan sampai menimbulkan kontra kepada masyarakat, apalagi dalam rangkaian kegiatan pemilu maupun partai tertentu, agar tidak berimbas ke ranah politik,” ujar Kombes Pol Agus Suryo Nugroho di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kamis (31/8/2023).

Kombes Pol Agus Suryo Nugroho menegaskan tidak ada anggota polisi yang menggelar razia di jalan secara stasioner selama Operasi Zebra Candi 2023. Penindakan terhadap pelanggar lalu lintas dilakukan secara mobile maupun hunting dengan 80 persen dilakukan secara ETLE atau yang populer dikenal dengan tilang elektronik.

“Dalam rangka mendukung Operasi Zebra Candi 2023, selain menggunakan ETLE Statis, ETLE Mobile, dan penindakan manual, Polda Jateng dan jajaran juga akan menggunakan ETLE Mobile Drone. Ini untuk memberikan efek jera pada pelanggar lalu lintas di wilayah hukum Polda Jateng,” tegasnya.

Dirlantas Polda Jateng juga mengingatkan kepada jajarannya bahwa tujuan Operasi Zebra Candi 2023 adalah untuk menurunkan angka pelanggaran lalu lintas, kecelakaan dan angka fatalitas. Selain itu, operasi ini juga untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

“Jadi Operasi Zebra Candi yang digelar bukan untuk menakut-nakuti masyarakat, tetapi wujud kecintaan Polri kepada masyarakat. Ini sebagai upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas maupun fatalitas korban di jalan,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya