SOLOPOS.COM - Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, saat menghadiri Rakernas JKPI di Palembang, tahun 2022 lalu. (Humas Pemkot Semarang)

Solopos.com, SEMARANG – Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), bakal kembali menggelar event berskala nasional, yakni Rapat Kerja Nasional (Rakernas) X Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI). Acara yang akan digelar di Kota Lama, 22-26 Agustus 2023 itu pun akan diwarnai sederet event yang menarik.

JKPI merupakan organisasi yang dibentuk dengan tujuan mengembangkan kerja sama antara berbagai kota dan kabupaten yang mempunyai pusaka alam dan pusaka budaya agar dapat dilestarikan. Tahun ini, Rakernas X JKPI mengambil tema “Pesona Pusaka Sebagai Warisan Budaya Indonesia Sebagai Pengikat Keberagaman Budaya Dalam Bingkai Nusantara”. Tema tersebut diambil karena memiliki makna pesona pusaka yang merupakan warisan budaya Indonesia.

Promosi Harga Saham Masih Undervalued, BRI Lakukan Buyback

Dengan demikian, diharapkan ke depannya JKPI dapat mempererat keberagaman budaya sehingga mampu mengangkat multiculture, multietnic, dan pluralisme sebagai bagian dari budaya dan bentuk perwujudan kerukunan masyarakat Indonesia.

Dalam Rakernas X JKPI nantinya juga akan dimeriahkan dengan pameran lukisan, Tosan Aji, bazar, pertukaran cendera mata, pentas seni budaya, seminar internasional, ladies program, kirab budaya, penyerahan pataka JKPI, olah raga sepeda, dan acara puncak penutupan Rakernas X JKPI 2023.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, Wing Wiyarso, mengatakan Rakernas JKPI nanti akan dihadiri kurang lebih 19.000 peserta. “Terdapat 73 kota dan kabupaten yang ikut dengan jumlah peserta keseluruhan kurang lebih 19.000 terdiri dari kepala daerah bersama dengan pasangannya, ajudan, pendamping delegasi, peserta pameran delegasi, peserta delegasi seni budaya, dan peserta fashion show delegasi,” ujar Wing Wiyarso.

Kirab Budaya

Lebih lanjut, Wing menerangkan banyak kegiatan yang telah diagendakan selama Rakernas X JKPI. “Pada hari pertama terdapat pameran lukisan, Tosan Aji, bazar, pertukaran cendera mata, dan pentas seni budaya. Hari kedua dilaksanakan kegiatan inti yaitu Rakernas X JKPI 2023 dan seminar internasional. Selain itu, ada kegiatan Ladies Program yang ditujukan untuk istri dari kepala tiap-tiap daerah. Pada malam harinya kegiatan dilanjutkan dengan Kirab Budaya Nusantara yang akan dimulai dari Jalan Letjend Suprapto dan berakhir di titik 0 Kota Semarang,” terangnya.

Sedangkan pada hari ketiga akan dilaksanakan heritage tour sebagai bentuk pengenalan tempat-tempat bersejarah di Kota Semarang. Hari keempat, para kepala daerah akan diajak untuk berolah raga sepeda bersama-sama dan trial bike dengan komunitas sepeda. Kemudian dilanjutkan sore harinya kembali digelar pentas seni budaya sebagai penutupan rangkaian kegiatan Rakernas X JKPI 2023 di Kota Semarang.

“Rakernas JKPI dilakukan sebagai bentuk keseriusan peningkatan program kerja untuk melestarikan pusaka alam dan pusaka budaya sebagai modal dasar pembangunan ke masa depan. Kegiatan ini sekaligus sebagai upaya untuk mendorong peran aktif masyarakat dalam pelestarian pusaka dan pengembangannya,” pungkas Wing Wiyarso.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya