SOLOPOS.COM - Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu (tengah), saat menghadiri acara ground breaking Mall 23Semarang di kawasan Pantai Marina, Senin (23/10/2023). (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG – Jumlah pusat perbelanjaan atau mal di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), bakal bertambah. Hal itu seiring akan didirikannya mal di kawasan pesisir atau pinggir pantai Kota Semarang, tepatnya di kawasan Pantai Marina.

Pembangunan mal bertajuk Mall 23Semarang ini bahkan telah dimulai seiring dilakukannya ground breaking pada Senin (23/10/2023). Hadir dalam acara peletakkan batu pertama di POJ City Kawasan Marina, Kecamatan Semarang Barat, itu Wali Kota Semarng, Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Ita, sapaan akrab Wali Kota Semarang, menilai pesisir Semarang merupakan kawasan yang strategis yang dekat dengan sejumlah objek vital seperti Bandara Ahmad Yani dan pusat kota Semarang. Menurutnya, lokasi mal itu pun sangat mendukung bagi investor yang memiliki ide usaha seperti lifestyle dan kegiatan lainnya.

“Makanya kami mendorong, ketika ada proses perizinan untuk pengembangan di sini [pesisir Semarang]. Wilayah di sini sangat mendukung perekonomian karena dekat bandara dan pelabuhan, kemudian juga perumahan. Ada juga daya tarik di pinggir pantai. Saya lihat ada kanal dan ini hampir mirip dengan Pantai Indah Kapuk [PIK Jakarta],” ujar Ita seusai menghadiri acara ground breaking Mall 23Semarang.

Oleh karena itu, Wali Kota memastikan akan mendukung pembangunan di wilayah pesisir Semarang seperti yang pertama kali dilakukan oleh PT Indonesia Paradise Property dalam mendirikan Mall 23Semarang. Menurutnya, selain menumbuhkan perekonomian Kota Semarang, keberadaan mal yang terletak di pinggir pantai, kawasan Pantai Marina, ini juga bisa membantu pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Tentu juga bisa sebagai destinasi wisata. Bisa jadi wisata belanja dan alam, karena ini sangat terbuka. Jadi selain investasi, kita juga ada perputaran ekonomi,” jelasnya.

Apalagi, lanjut Ita, Mall 23Semarang nantinya akan berdekatan dengan kawasan kampus Bina Nusantara (Binus). Praktis, mal itu pun tidak hanya menjadi destinasi belanja bagi warga Kota Semarang, tapi juga luar kota.

“Kota Semarang itu simpul Jawa. Jadi orang mau ke Surabaya atau ke Jakarta pasti lewat Semarang, karena tol sudah jalan. Apalagi, Jalan Madukoro saat ini juga tengah dibangun [jembatan layang] dan Kaligawe juga direnovasi,” imbuh Ita.

Sementara itu, Director CEO Paradise, Anthony Prabowo Susilo, mengatakan pembangunan Mall 23Semarang dijadwalkan selesai pada 2025 mendatang. Nantinya, mal yang terletak di pinggir pantai Kota Semarang bakal hadir dengan konsep ikonik.

“Mal ini dibangun di atas lahan seluas 6 hektare di tepi pantai Laut Jawa,” kata Anthony.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya