SOLOPOS.COM - Tim gabungan yang dikomandoi Satpol PP saat mengecek daging di Pasar Raya Salatiga, Kamis (13/4/2023). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA — Mendekati Idulfitri atau Lebaran, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Salatiga menggelar inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Raya Salatiga, Kamis (13/4/2023). Di lokasi tersebut, tim mengecek kondisi daging sapi yang dijual sejumlah penjual.

Kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan), Denpom, dan Polres Salatiga. Operasi ini bertujuan mengecek adanya pedagang daging gelonggongan.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

“Tadi pagi, sekitar 41 pedagang kami ambil sampelnya. Kami ajak dokter hewan dan punya alat pengecek kadar air itu, kadarnya 70% ke bawah,” terang Kepala Satpol PP Salatiga, Joko Haryono, Kamis.

Dikatakan, kadar air 70% ke bawah itu masuk dalam kategori normal. Sehingga pihaknya memastikan tidak ada daging gelonggongan di Kota Salatiga. Selain mengecek daging sapi, tim gabungan juga melakukan pengecekan terhadap ayam.

“Kami juga mengecek ayam. Istilahnya ayam tiren yang mati kemarin tidak ada. Semuanya ayam sehat-sehat habis dipotong langsung dipasarkan,” ungkap Joko.

Kegiatan operasi daging tersebut untuk memberikan rasa aman terhadap masyarakat Kota Salatiga yang berbelanja daging maupun ayam. Terlebih, permintaan masyarakat terhadap daging dan ayam menjelang Lebaran ini sangat tinggi.

“Kami pastikan daging itu aman untuk dikonsumsi. Kadar airnya juga memenuhi standar kesehatan dan tidak ada penyakit di sana,” tandas Joko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya