SOLOPOS.COM - Ilustrasi layanan pemohon surat izin mengemudi (SIM). (Dok.Solopos)

SIM online segera menjangkau tiga kota lagi di wilayah Jateng.

Semarangpos.com, KUDUS — Tiga kota di Jawa Tengah bakal memberikan pelayanan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) secara online atau dalam jaringan (daring). Demikian diungkapkan Kapolda Jateng Ispektur Jenderal Polisi Condro Kirono di Kudus, Rabu (7/12/2016).

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

“Awalnya layanan SIM secara daring tersebut diperkenalkan di semua ibu kota provinsi di Tanah Air pada 2015, di Jateng di Kota Semarang,” ujarnya Rabu. Pada 2016 ini, kata dia, dilakukan pengembangan layanan perpanjangan SIM secara daring atau online di Solo dan Banyumas.

Untuk saat ini, lanjut dia, sedang dibangun prototipe tipe sarana dan prasarana layanan SIM secara daring yang ideal di tiga daerah tersebut, yakni Semarang, Solo dan Banyumas. Pembangunan tersebut, kata dia, ditargetkan selesai akhir 2016, sehingga nantinya bisa mendukung layanan perpanjangan SIM secara daring.

Bahkan, lanjut dia, layanan perpanjangan SIM secara online tersebut juga terkoneksi dengan program Kartu Tanda Penduduk secara elektronik (e-KTP) di Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri. Menurut dia, layanan berbasis teknologi informasi tersebut sangat membantu warga masyarakat. “Setidaknya, pelayanan terhadap masyarakat juga semakin meningkat,” ujarnya.

Selain itu, dia mengatakan, hal itu bisa mencegah adanya penyimpangan, adanya calo dan pungutan liar, mengingat terintegrasikan dengan sistem komputerisasi. Ia mengakui, program tersebut merupakan program dari Mabes Polri, sehingga daerah hanya bisa berharap pengembangan layanan SIM online bisa diperluas ke jajaran polres yang lain.

Dengan layanan perpanjangan SIM online, masyarakat yang berasal dari luar provinsi ketika hendak perpanjangan cukup memilih tiga kota terdekat di Jateng tersebut. Hal itu memungkinkan karena layanan perpanjangan SIM daring sudah terkoneksi dengan 34 ibu kota provinsi di Tanah Air.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya