SOLOPOS.COM - Ilustrasi Desa Wisata Wanurejo di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng), yang masuk daftar 50 besar ADWI 2024. (jateng.jadesta.com)

Solopos.com, SEMARANG — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, telah mengumumkan 50 desa wisata yang masuk dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024. Dari 50 desa wisata itu, tiga di antaranya berasal dari Jawa Tengah (Jateng). Lantas, desa wisata mana sajakah di Jateng yang masuk 50 besar ADWI 2024.

Melansir dari laman jadesta.com, Senin (27/5/2024), Menparekraf Sandiaga Uno menyebut perjalanan desa wisata untuk masuk daftar 50 besar ADWI 2024 tidaklah mudah. Ke-50 desa itu harus bersaing dengan kandidat lain di seluruh provinsi yang jumlahnya mencapai 6016 desa.

Promosi Berkat KUR BRI, Zialova Batik Jadi Produsen Fashion Lokal Favorit di Pekalongan

“Untuk sampai di titik ini perjalanan desa wisata tidaklah mudah. Bersaing dengan 6016 desa wisata lainnya, membuat desa wisata berlomba-lomba menampilkan wajah terbaik desa wisatanya. Menggali seluruh potensi dan menyajikannya dengan kemasan yang sangat menarik,” ujar Sandiaga Uno melalui Instagram @anugerahdesawisataindonesia dan Youtube @anugerahdesawisata7358, Minggu (26/5/2024).

Proses kurasi dengan tahapan yang cukup panjang disertai analisis penilaian secara objektif oleh Dewan Juri, menghasilkan desa wisata terbaik yang menjadi barometer dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI 2024

“Setelah melalui proses kurasi yang panjang, analisis dan penilaian secara objektif oleh seluruh tim Dewan Juri, Kemenparekraf telah mendapatkan desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024,” kata Menparekraf.

Dalam momen ini, Menteri Sandiaga dengan sangat bangga mengumumkan 50 besar desa wisata Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024. Dari 50 desa wisata ADWI 2024 itu, tiga di antaranya berasal dari Jateng.

Ketiga desa wisata di Jateng yang masuk 50 besar ADWI 2024 itu yakni Desa Wisata Peson Gunung Prau di Kabupaten Wonosobo, Desa Wisata Wanurejo di Kabupaten Magelang, dan Desa Wisata Bangowan di Kabupaten Blora.

Desa Wisata Pesona Gunung Prau di Wonosobo masuk dalam kategori desa wisata rintisan. Sementara Desa Wisata Wanurejo di Kabupaten Magelang masuk klasifikasi maju dan desa Wisata Bangowan di Blora masuk klasifikasi rintisan.

Desa Wisata Pesona Gunung Prau terletak di Desa Patakbanteng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Desa ini memiliki daya tarik wisata alam berupa panorama Gunung Prau. Sedangkan, Desa Wisata Bangowan terletak di Desa Bangowan, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora. Desa ini berjarak sekitar 20 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Blora. Desa Bagowan menampilkan atraksi wisata budaya, alam, dan edukasi. Budaya local seperti Wayang Thengul dan Karawitan/Tayub kerap disajikan kepada masyarakat yang berkunjung ke desa ini.

Sementara itu Desa Wanurejo terletak di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng). Desa wisata kategori maju ini menampilkan berbagai macam atraksi wisata dan daya tarik alam sekitar Borobudur yang memikat. Desa wisata ini juga menyajikan berbagai macam paket wisata yang bisa diakses wisatawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya