SOLOPOS.COM - Ilustrasi mobil listrik. (Freepik.com)

Solopos.com, SEMARANG — PT Jasa Marga Semarang Batang (JSB) meminta pengguna kendaraan atau mobil listrik yang akan melakukan perjalanan saat mudik Lebaran 2023 melintasi jalan Tol Semarang-Batang untuk tidak khawatir. Hal itu dikarenakan PT JSB telah menyiapkan sejumlah tempat untuk stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di ruas Tol Semarang-Batang.

Direktur Utama (Dirut) Jasa Marga Semarang-Batang, Nasrullah, kepada Solopos.com, Kamis (6/4/2023) sore, memastikan jika pemudik yang menggunakan mobil listrik tidak perlu khawatir saat melakukan perjalanan selama arus mudik maupun arus balik Lebaran 2023.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

“SPKLU kita tempatkan di dua rest area. Total ada empat slot di ruas tol Semarang-Batang,” kata Nasrullah.

Secara terperinci, Nasrullah menyebutkan empat slot itu tersebar di rest area Tol Semarang-Batang Km 379 A. Sedangkan dua slot lainnya ditempatkan di rest area KM 398 B.

“Jadi total ada dua rest area dengan total empat slot [SPKLU] yang bisa digunakan untuk mengisi bahan bakar mobil listrik,” terangnya.

Kendati telah menyiapkan SPKLU di sepanjang ruas Tol Semarang-Batang, Nasrullah tetap mengimbau untuk menghindari penggunaan kendaraan listrik saat perjalanan arus mudik. Ia lebih menyarankan menggunakan mode transportasi dengan bahan bakar minyak (BBM).

“Tapi dengan mudik yang kepadatan arus lalu lintas tinggi, lebih baik jangan menggunakan mobil listrik. Saya saran kan mobil normal saja, karena lalu lintas bakal padat, rest area bakal ramai, dan stasiunnya juga masih sedikit,” tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, PT PLN (Persero) memastikan kesiapan SPKLU untuk memudahkan pengguna kendaraan atau mobil listrik selama masa mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. Sebanyak 616 unit SPKLU disiapkan PLN untuk menyambut pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.

“PLN memastikan infrastruktur pendukung kendaraan listrik tersedia di jalur mudik sehingga memudahkan pengguna mobil listrik yang mudik untuk melakukan pengisian daya,” kata Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya