SOLOPOS.COM - Seorang teknisi ANTV memperagakan cara pindai ulang STB untuk mencari saluran stasiun televisi tersebut kepada wartawan, pada Selasa (20/12/2022). (Ponco Wiyono-Solopos.com)

Solopos.com, SEMARANG — Bagi warga Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), yang masih kesulitan menangkap siaran televisi (tv) digital meski telah menggunakan set top box (STB), berikut pihak stasiun televisi swasta, ANTV, memberikan tip.

Menurut Manager Corporate Communication ANTV, Riyandri Tjahjadi, masyarakat yang masih kesulitan menemukan siaran digital, terutama ANTV, untuk memindai ulang set top box (STB) secara manual.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Hal tersebut disampaikan Riyandri, menindak lanjuti keluhan banyak pemirsa stasiun televisi tersebut di berbagai daerah yang kesulitan menemukan saluran ANTV, yang berada dalam naungan yang sama dengan beberapa stasiun televisi lain seperti TVone, NetTV, dan SimpanglimaTV.

Riyandri menyarankan pengguna STB makukan pemindaian secara manual dengan memasukan frekuensi Jakarta UHF 34, Bandung UHF 38 / frekuensi 610 Mhz, Semarang UHF 39 / frekuensi 618, Yogyakarta UHF 35 dan Surakarta UHF 35 serta Surabaya UHF 32 / frekuensi 562 Mhz.

“Pastikan antena dalam kondisi baik dan di posisi yang benar. Di Semarang sebenarnya tidak masalah jika antenanya ada di dalam [ruangan], selama posisinya benar” kata Riyandri kepada wartawan di Semarang, Selasa (20/12/2022).

Baca juga: Besok, TV Analog Dimatikan di 10 Daerah di Jawa Timur, Ini Daftarnya

ANTV, lanjut Riyandri, mendukung keputusan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengenai peralihan sistem penyiaran digital dan penghentian sistem penyiaran televisi Analog Switch Off (ASO). ANTV bahkan membantu promosi perpindahan ini dengan membagi-bagikan STB gratis di beberapa kota.

“Tidak hanya STB gratis, kami juga memberikan hadiah tambahan berupa motor listrik sebagai ungkapan terima kasih kami kepada pemirsa ANTV,” ungkapnya.

Dikatakan, masyarakat yang ingin mendapatkan hadiah motor listrik dari ANTV cukup mengikuti kuis yang diselenggarakan mulai 17-31 Desember 2022. Ada pun ketentuannya cukup dengan mengirimkan pesan ke nomor whatsapp +628158181586 dan mengetik SCAN ULANG DAPAT MOTOR. Peserta kemudian akan diarahkan untuk mengisi data diri serta mengisi survey melalui link yang dikirimkan melalui Whatsapp tersebut.

Baca juga: Harga STB Ugal-Ugalan Naik karena Orang Indonesia Gemar Nonton Televisi

Riyandri pun membagikan tip bagi masyarakat, khususnya pemirsa ANTV yang telah memiliki STB bersertifikattapi masih bingung pemasangannya. Berikut panduan dalam memasang STB:

  • Siapkan STB dan antena,
  • Pastikan TV dalam mode AV,
  • Pindahkan konektor antena biasa dari TV ke STB,
  • Pasang kabel RCA atau video audio sesuai dengan warnanya di TV dan juga STB,
  • Nyalakan STB,
  • Atur LCN dalam keadaan hidup/ON agar langsung memperoleh channel digital ANTV,
  • Masukan kode area atau kode pos daerah tempat tinggal,
  • Klik pencarian otomatis,
  • Siaran TV digital siap ditonton.Sidak Mal, SPBU dan Stasiun, Plt Wali Kota Semarang Temukan Telur Dijual Murah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya