SOLOPOS.COM - Ilustrasi internet (Dok/JIBI)

Ilustrasi internet

Ilustrasi internet (Dok/JIBI)

Sistem online di pemprov Jateng terus digalakkan. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan dengan sistem online tersebut, kinerja SKPD bisa dipantau lebih detail.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Kanalsemarang.com, SEMARANG—Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sedang membangun sebuah sistem yang menyatukan satuan kerja perangkat daerah di provinsi setempat dalam satu jaringan online atau yang disebut E-Government.

E-Goverment merupakan pola perencanaan sumber daya manusia Pemprov Jateng dan sumber daya anggaran yang dimiliki, termasuk aset,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo seperti dikutip Antara, Senin (29/12/2014).

Menurut Ganjar, dengan sistem E-Government yang sudah digunakan Pemprov DKI Jakarta dan Pemkot Surabaya ini dirinya dapat memantau kinerja, jumlah dan potensi pegawai, penganggaran, lelang pengadaan barang serta jasa hingga transaksi keuangan seluruh SKPD.

Ia menjelaskan bahwa pembangunan sistem E-Government dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika bersama dengan lembaga teknologi informasi dari swasta.

“Selama ini masing-masing SKPD sudah memiliki teknologi informasi sendiri-sendiri tapi jika saya ingin melihat penganggaran yang dilakukan secara menyeluruh antar-SKPD harus melihat satu persatu secara terpisah dan hal itu menyulitkan sehingga perlu sebuah sistem yang terpusat,” ujarnya.

Ganjar meminta pembangunan sistem “E-Government” dapat selesai pada 2015 agar pada tahun berikutnya sudah bisa diaplikasikan secara menyeluruh.

“E-Government itu ibarat tongkat sakti untuk mengontrol, memonitor, dan mengevaluasi seluruh program pembangunan, termasuk pelaksanaan tahun infrastruktur di Jateng,” katanya.

Sebelumnya, Ganjar telah mengutus tim untuk belajar E-Government di Surabaya dan meminta izin kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini untuk mengadaptasi sistem tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya