SOLOPOS.COM - Muhammad Zinedine Alam Ganjar (istimewa)

Siswa berprestasi tingkat SMP Kota Semarang merupakan putra Gubernur Jateng.

Kanalsemarang.com, SEMARANG-Putera Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, Muhammad Zinedine Alam Ganjar meraih juara pertama lomba siswa berprestasi SMP tingkat Kota Semarang. Pelajar SMPN 2 Semarang yang akrab dipanggil Alam mampu mengalahkan 44 peserta pelajar lain berasal dari SMP negeri dan swasta se-Kota Semarang.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Pada lomba yang berlangsung 1- 2 Desember 2015 di SMP N 13 Semarang putra semata wayang Ganjar Pranowo dan Siti Atikoh meraih nilai total 976,82.

“Lomba siswa berprestasi lebih bergengsi karena materi yang dilombakan tidak hanya fokus satu bidang lomba. Tapi beberapa bidang sekaligus,” katanya di Semarang, Alam dalam rilis yang diterima kanalsemarang dari Humas Pemprov Jateng, Rabu (2/12/2015).

Alam menceritakan ada tujuh macam tes akademik dan nonakademik yang harus dilalui. Tes itu meliputi ujian tertulis, nilai rapor, piagam, wawancara kepribadian, pidato, komputer dan keterampilan pilihan.

Menurut dia materi tes yang paling sulit yakni tes komputer dan ujian tertulis pengetahuan umum karena materinya belum diajarkan.

”Untuk keterampilan pilihan, saya pilih menari kuda-kuda karena itu yang saya kuasai,” ujarnya.

Sedangkan untuk pidato lanjut dia, mendapatkan tema tentang budaya lokal sebagai aset nasional yang perlu dijaga kelestariannya mengambil contoh budaya yang tumbuh di Kota Semarang mulai dari segi tarian, makanan hingga bangunan.

”Saya menjelaskan kalau Semarang ada tarian Gambang Semarang, makanan lumpia, bangunan memiliki Lawangsewu, Sam Poo Kong dan Gereja Blenduk merupakan perpaduan ras yang memengaruhi perkembangan Kota Semarang sehingga harus toleransi, sikap saling menghargai dalam menjaga kelestarian,” papar pelajar yang duduk di kelas VIII itu.

Guru pembimbing Alam, Sudaryono mengungkapkan sempat diliputi kekhawatiran saat pihak sekolah menunjuk Alam untuk mewakili pada lomba siswa berprestasi bila nantinya tidak berhasil mendapat gelar juara.

“Kami khawatir Alam tidak bisa mendapatkan gelar juara. Apalagi dia anak gubernur. Nanti kalau kalah pasti ada yang berkomentar miring. Menang pun juga demikian. Tapi saya yakinkan yang terpenting melakukan persiapan yang terbaik. Alhamdulillah mendapat gelar juara. Juri dan peserta yang lain pun baru tahu saat menyerahkan hadiah bahwa Alam putera Gubernur Ganjar Pranowo. Itu diketahui dari baju yang dikenakannya karena menggunakan nama,” ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya