SOLOPOS.COM - Penjabat Wali Kota Salatiga Sinoeng N Rachmadi berbincang dengan salah seorang siswa SMPN 6 Salatiga saat deklarasi sekolah ramah anak, Rabu (14/12/2022). (Istimewa/Humas Pemkot Salatiga)

Solopos.com, SALATIGA–SMPN 6 Salatiga mendeklarasikan Sekolah Ramah Anak. Deklarasi yang dihadiri Penjabat Wali Kota Salatiga Sinoeng N Rachmadi tersebut dilaksanakan di lapangan sekolah, Rabu (14/12/22).

Kepala SMPN 6 Anna Marina Andrini menyatakan keseriusannya dalam mewujudkan sekolah ramah anak.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

“Setelah deklarasi ini harapannya sekolah kami menjadi taman belajar, sehingga siswa, guru, karyawan, dan wali murid bergotong-royong untuk membangun SMPN 6 Kota Salatiga,” jelas dia.

Salah seorang siswa yang maju mendampingi Penjabat Wali Kota Rachel Mutiara Inasari beruntung mendapatkan hadiah handphone karena paham dan mampu menjelaskan kriteria Sekolah Ramah Anak.

Baca Juga: Jadi Sekolah Ramah Anak, SDN Kroyo Sragen Komitmen Setop Perundungan

“Sekolah yang secara sadar mengimbau dan memenuhi hak anak dan menghindari kekerasan fisik dan nonfisik di lingkungan sekolah dan keluarga. Contoh pelaksanaannya guru mengajar tidak boleh menggunakan kekerasan dalam mengajar,” terang Rachel.

“Bullying adalah perbuatan yang menyakiti perasaan dan fisik misal memanggil gendut. Kalau ada peristiwa saya tegur, tidak baik. Kalau tidak dihiraukan, saya akan lapor guru kalau ada pembullyan. Untuk korban saya akan memberikan semangat,” imbuh dia.

Sinoeng berharap SMPN 6 mampu mewujudkan sekolah ramah anak.

“Memanggil nama orang tua sebagai panggilan teman juga tidak boleh, orang tua di rumah dihormati kok dibuat manggil nama anak. Banyak orang yang karena kurang adab di kemudian hari hidupnya kurang beruntung, karena banyak sekali cerita dari guru banyak pintar tapi kurang ajar maka kehidupannya tidak sukses. Jangan berkecil hati kalau kurang pintar, teruslah belajar dan bersemangat. Orang boleh lelah dan capek tapi tidak boleh menyerah, karena semangat itulah yang menentukan kesuksesan,” pesan Sinoeng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya