SOLOPOS.COM - Petugas Damkar Semarang tengah membersihkan tumpahan solar di tanjakan Gombel, Senin (17/10/2022). (Solopos.com-Damkar Semarang)

Solopos.com, SEMARANG — Arus lalu lintas di Jalan Gombel Lama, Kelurahan Tinjomoyo, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Senin (17/10/2022) sore sempat tersendat. Hal itu menyusul adanya solar yang tumpah di jalan, tepatnya di tanjakan Gombel Semarang itu yang mengakibatkan sejumlah pengendara tergelincir.

Kepala Seksi (Kasi) Penyelamatan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Semarang, Listiyono, membenarkan adanya tumpahan solar di jalur tanjakan Gombel itu. Hal itu pun membuat pihaknya harus mengerahkan dua unit mobil damkar untuk membersihkan tumpahan solar agar tidak membuat jalanan licin dan menyebabkan kecelakaan.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

“Setelah menerima informasi itu [tumpahan solar], kami langsung meluncurkan armada dari Pos Banyumanik,” ujarnya kepada wartawan, Senin malam.

Awalnya, Damkar Semarang hanya mengirimkan satu mobil untuk mengatasi solar yang tumpah di tanjakan Gombel itu. Kendati demikian, satu mobil damkar itu tidak mampu mengatasi tumpahan solar yang terlanjur melebar hingga 200 meter.

“Terus karena panjang tumpahan solar, kami panggil lagi satu unit mobil damkar dari Semarang Barat. Jadi, ada 2 unit mobil damkar dan 10 personel yang kami kerahkan,” jelasnya.

Baca juga: Gombel Kerap Macet, Dishub Kota Semarang Usul Jalan Layang

Listiyono mengaku proses pembersihan sisa solar yang tumpah di tanjakan Gombel Semarang itu memakan waktu cukup lama, yakni sekitar satu jam. Hal itu dikarena guna memastikan solar yang tertumpah ke jalan benar-benar bersih dan tidak menyebabkan kecelakaan.

“Soalnya tadi ada informasi kalau sempat ada korban [pengendara] yang jatuh akibat tumpahan solar ini,” jelasnya.

Kendati demikian, Listiyono tidak mengetahui secara pasti asal solar yang tumpah di tanjakan Gombel Semarang itu. Hal itu dikarenakan sebelumnya tidak ada peristiwa kecelakaan yang melibatkan kendaraan yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar.

Baca juga: Lihat Solar Tumpah di Jalanan Salatiga? Ini yang Harus Anda Lakukan

“Enggak ada yang tahu [asal tumpahan solar]. Jadi dari truk atau apa enggak tahu. Taunya [ada tumpahan solar] setelah ada korban dan ada yang melapor,” jelasnya.

Sekadar informasi, arus lalu lintas di sepanjang tanjakan Gombel Semarang sempat tersendat akibat tupahan solar itu. Meski demikian, saat berita ini ditulis jalur itus sudah pulih kembali dan arus lalu lintas terpantau lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya