SOLOPOS.COM - Gunung Slamet. (Istimewa/Instagram @indrasutantoo)

Solopos.com, SEMARANG — Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Nana Sudjana, meminta masyarakat di lereng Gunung Slamet untuk meningkatkan kewaspadaan menyusul peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Slamet. Saat ini, status Gunung Slamet pun naik dari sebelumnya Normal atau Level I menjadi Waspada atau Level II sejak Kamis (19/10/2023) pagi.

Nana mengaku saat ini telah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak untuk menghadapi peningkaatan aktivitas vulkanik Gunung Slamet itu.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

“Persiapan apa saja yang harus dilakukan sudah kami koordinasikan, terutama dengan pemerintah daerah, BPBD [Badan Penanggulangan Bencana Daerah] dan TNI-Polri,” ujar Nana di kantornya, Kamis (19/10/2023).

Persiapan yang dimaksud, terang Nana, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dari peningkatan aktivitas vulkanologi atau status Gunung Slamet yang naik itu. Misalnya ketika terjadi kondisi darurat, pihaknya akan segera melakukan evakuasi ke masyarakat sekitar.

“Masyarakat kami minta tidak menyepelekan potensi bencana vulkanologi tersebut. Jika terjadi kondisi bahaya, maka segera kemasi barang penting dan meninggalkan lokasi sesuai arahan petugas,” jelas Pj Gubernur Jateng itu.

Sementara itu, petugas Pos Pengamatan Gunung Api Slamet, Muhammad Rusdi, menggambarkan dalam pengamatan visual asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 50-200 meter di atas puncak kawah. Masyarakat di sekitaran Pemalang, Banyumas, Brebes, Tegal, Purbalingga pun diminta untuk tetap waspada.

“Masyarakat dan pengunjung/wisatawan tidak berada atau beraktivitas dalam radius 1 kilometer [km] dari kawah puncak Gunung Slamet,” pinta Rusdi dalam laporan aktivitas gunung api.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya