SOLOPOS.COM - Ilustrasi, stok beras (JIBI/SOLOPOS/dok)

Ilustrasi, stok beras (JIBI/SOLOPOS/dok)

Stok beras Jawa Tengah diperkirakan masih mencukupi hingga Agustus 2015. Bulog Divre Jateng menyatakan stok beras kini masih 201.682 ton 

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

 

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Stok beras Bulog Divisi Regional Jawa Tengah mencukupi hingga Agustus 2015 yaitu mencapai 201.682 ton.

“Jumlah tersebut per tanggal 26 Februari ini, total ini terbagi ke dalam enam sub divre yang ada di Jawa Tengah,” kata Kepala Bulog Divre Jateng Damin Hartono di Semarang, Kamis (26/2/2015).

Untuk sub divre Semarang persediaan operasional setara beras mencapai 39.833 ton, sub divre Pati mencapai 35.780 ton, sub divre Surakarta mencapai 40.609 ton, Banyumas 27.118 ton, Kedu 20.459 ton dan Pekalongan 37.883 ton.

“Persediaan tersebut mampu mencukupi kebutuhan penyaluran raskin hingga 5,35 bulan ke depan atau sampai bulan Agustus tahun ini,” katanya seperti dikutip Antara.

Hingga saat ini, dari total pagu raskin sepanjang tahun ini yang mencapai 446.788 ton, total penyaluran sudah mencapai 11,03 persen atau 49.300 ton.

Pihaknya tidak memungkiri, kenaikan harga beras tersebut juga dipengaruhi oleh raskin yang beberapa waktu lalu tidak segera disalurkan. Oleh karena itu, setelah ada instruksi dari Pemerintah mengenai penyaluran raskin, Bulog berupaya untuk mempercepat penyaluran tersebut.

Percepatan tersebut dilakukan yaitu untuk raskin jatah bulan Januari diberikan pada bulan Februari minggu I dan II, raskin bulan Februari diberikan pada minggu ketiga bulan yang sama. Sedangkan untuk raskin bulan Maret mendatang disalurkan pada minggu I dan II bulan tersebut.

“Dengan adanya percepatan ini saya yakin harga beras akan turun, paling tidak dalam waktu dua minggu ke depan harga bisa tetap stabil,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya