SOLOPOS.COM - Ilustrasi, stok beras (JIBI/SOLOPOS/dok)

Ilustrasi, stok beras (JIBI/SOLOPOS/dok)

Stok beras Kudus jadi perhatian utama Pemkab setempat. Pedagang beras diminta prioritaskan pemenuhan kebutuhan masyarakat di Kudus sebelum memenuhi kebutuhan beras untuk pembeli luar daerah

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

 

Kanalsemarang.com, KUDUS – Pedagang beras di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, diimbau untuk memprioritaskan pemenuhan kebutuhan beras masyarakat setempat sebelum menjualnya ke luar daerah, kata Kepala Bagian Perekonomian Setda Kudus Dwi Agung Hartono.

“Pemkab Kudus memang tidak memiliki kewenangan lebih selain mengimbau mereka untuk memenuhi kebutuhan masyarakat lokal terlebih dahulu,” ujarnya menanggapi lonjakan harga jual beras di pasaran di Kudus seperti dikutip Antara, Minggu (22/2/2015).

Untuk saat ini, kata dia, selain mengimbau para pedagang beras skala besar pemkab juga akan melakukan pemantauan pergerakan harga jualnya di pasaran.

Selain itu, lanjut dia, ketersediaan stok beras di pasara juga akan dipantau, guna memastikan tidak ada kelangkaan beras di pasaran.

“Jika stok beras cukup, tentu tidak ada permasalahan mengingat kebutuhan rumah tangga juga tidak begitu banyak,” ujarnya.

Terkait kemungkinan melakukan operasi pasar, kata dia, hal itu sulit direalisasikan karena tidak tersedia anggaran.

Apalagi, lanjut dia, persoalan lonjakan harga beras juga hanya dialami masyarakat Kudus, melainkan dialami pula masyarakat di daerah lain.

Untuk masyarakat kelas bawah, kata dia, dipastikan tercukupi dengan beras untuk masyarakat miskin yang setiap bulannya mendapatkan jatah 15 kilogram dengan harga tebus sebesar Rp1.600 per kilogram.

Pada tahun 2015 Kabupaten Kudus mendapatkan jatah raskin sebanyak 6.539.760 kilogram untuk 36.332 RTS.

Salah seorang pedagang beras di Pasar Wergu Kudus Niswati mengakui, banyak pembeli dari luar daerah yang turun langsung untuk berburu beras di Kudus karena pasokan di luar daerah, seperti Jakarta mulai kekurangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya