SOLOPOS.COM - Pembagian beras untuk rakyat miskin (raskin) merupakan salah satu upaya menanggulangi kemiskinan. (JIBI/Solopos/Dok.)

Pembagian beras untuk rakyat miskin (raskin) merupakan salah satu upaya menanggulangi kemiskinan. (Dok/JIBI/Solopos)

Stok beras di Kudus dijamin aman. Pemkab Kudus menyatakan stok hingga saat ini masih mencukupi 

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

 

Kanalsemarang.com, KUDUS– Stok beras di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, selama beberapa bulan mendatang dipastikan aman karena estimasi persediaan beras di daerah ini mencapai 118.000 ton, kata Kepala Kantor Ketahanan Pangan setempat Edi Supriyanto.

“Total beras sebanyak itu merupakan stok cadangan pangan dan beras yang dikuasai masyarakat di luar beras yang dimiliki Perum Bulog,” ujarnya ketika menyampaikan paparan pada rapat koordinasi dengan Komisi B DPRD Kudus seperti dikutip Antara, Selasa (24/2/2015).

Hadir pada rapat tersebut, yakni Bagian Perekonomian Setda Kudus, Perum Bulog Subdivre II Pati, Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kudus dan Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Kudus.

Sementara kebutuhan beras selama setahun untuk jumlah penduduk di Kudus yang jumlahnya mencapai 792.000 jiwa, kata dia, per jiwanya diperkirakan hanya 92,78 kilogram per tahun.

“Total kebutuhan beras selama setahun sekitar 73.481,76 ton sehingga masih ada sisa sekitar 44.518,24 ton,” ujarnya.

Dengan demikian, kata dia, tidak ada permasalahan dengan ketersediaan pangan selama setahun di Kabupaten Kudus.

Kepala Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Kudus Dwi Agung Hartono menambahkan, setiap bulan di Kudus juga akan digelontorkan beras sebanyak 544,9 ton per bulan dalam bentuk beras untuk masyarakat raskin (raskin).

Untuk jatah raskin bulan ini, kata dia, akan didistribusikan minggu depan, sedangkan bulan Maret 2015 bisa diajukan pada pertengahan bulan ketika harga jual beras di pasaran masih tetap tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya