SOLOPOS.COM - Para sukarelawan pendukung Anies Baswedan saat menghadiri acara pengukuhan Relawan Anies Jateng di Hotel Grasia, Kota Semarang, Sabtu (17/12/2022). (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG — Sukarelawan pendukung calon presiden (capres) Anies Baswedan yang tergabung dalam Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (Anies) mulai bergerak menggalang dukungan. Sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat, hingga sukarelawan di tingkat kecamatan dan desa pun mulai digaet guna memenangkan Anies dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Bahkan, sukarelawan Anies pun membidik perolehan suara yang cukup tinggi bagi mantan Gubernur DKI Jakarta itu. Mereka menargetkan mampu meraup suara mencapai 57 persen hingga 70 persen bagi Anies dalam Pilpres 2024 nanti.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Ketua sukarelawan Anies Jateng, Joko Purnomo, mengaku hingga kini sudah sekitar 930 orang yang menjadi sukarelawan Anies di wilayah Jateng. Tak hanya itu, kepengurusann sukarelawan Anies juga telah terbentuk di 22 kabupaten/kota yang ada di Jateng.

“Kita terus berupaya mengembangkan jaringan. Besok, kami akan deklarasikan sukarelawan di wilayah Tegal dan Blora. Lalu pekan depan, giliran Salatiga, Solo, dan Wonogiri. Ini kami kerjakan tanpa pernah berhenti. Target kami bisa membentuk sampai tingkat TPS [tempat pemungutan suara],” ujar Joko seusai pengukuhan Relawan Anies Jateng di Hotel Grasia Semarang, Sabtu (17/12/2022).

Pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng ini menambahkan setiap organisasi masyarakat (ormas) kepemudaan juga telah diajak berkolaborasi untuk memenangkan Anies Baswedan. Selain itu, terdapat juga solidaritas dari para tokoh agama, tokoh masyarakat, dan unsur elemen lainnya.

Baca juga: Bawaslu Sebut Safari Politik Anies Kurang Etis, PDIP Tuding Melanggar Etika

“Target kita menangkan perolehan suara Anies Baswedan 57 persen atau kalau bisa 70 persen,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Relawan Anies, Laode Basir, menyampaikan pemantapan kepengurusan sukarelawan Anies Baswedan telah dilakukan di berbagai daerah. Ia juga telah mengadakan Rakorwil di Sumatra Barat (Sumbar), Kalimantan Barat (Kalbar) dan Jateng.

“Para sukarelawan harus punya jaringan yang luas. Harus bisa menjangkau TPS. Kemudian perlu ada soliditas pengurus sukarelawan. Hari ini ada 68 orang pengurus Relawan Anies Jateng. Untuk di tingkat pusat pengurusnya 98 orang. Lalu pembentukan pengurus sukarelawan kabupaten/kota minimal 30 orang, kecamatan minimal 20 orang, di desa minimal 15 orang dan masing-masing TPS ada 10 orang,” pungkas Laode.

Baca juga: Rapat Akbar, Anies Baswedan Bakar Semangat Pendukung & Simpatisan di Makassar

Lebih jauh, Laode optimistis dengan pemantapan struktur sukarelawan di tiap daerah, maka Anies Baswedan akan menang di Pilpres tahun 2024 mendatang. Pasalnya, kampanye baru dimulai pada 28 November 2023 atau 78 hari sebelum hari pemilihan.

“Tahapan pendaftaran mulai Oktober 2023. Sisanya adalah masa abu-abu sesuai undang-undang. Sehingga kami konsolidasikan sukarelawan. Insyallah hasil tidak akan mengkhianati usaha,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya