SOLOPOS.COM - Sumur gandeng di Desa Bermi, Kecamatan Mijen, Kabupaten Demak. (pariwisata.demakkab.go.id)

Solopos.com, DEMAK — Sumur merupakan sumber mata air artifisial yang sengaja dibuat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Meski demikian, di Kabupaten Demak, Jawa Tengah (Jateng), ada sumur yang airnya dipercaya mampu mengobati segala jenis penyakit hingga melancarkan urusan, termasuk mendapatkan jodoh. Sumur itu tak lain adalah sumur gandeng yang terletak di Desa Bremi, Kecamatan Mijen, Kabupaten Demak.

Dikutip dari laman pariwisata.demakkab.go.id, Senin (21/11/2022), Desa Bermi di Kecamatan Mijen merupakan salah satu desa wisata andalan kabupaten yang populer dengan julukan Kota Wali itu. Desa Bermi memliki sederet keunikan yang mampu menjadi daya tarik wisatawan, salah satunya objek Murgan, yang merupakan akronim dari sumur gandeng.

Promosi Harga Saham Masih Undervalued, BRI Lakukan Buyback

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, sumur gandeng di Desa Bermi, Kecamatan Mijen, Kabupaten Demak, ini memiliki sederet khasiat. Air dari sumur itu dipercaya mampu menyembuhkan segala jenis penyakit dan juga melancarkan hajat.

Total ada tiga sumur yang dianggap sakraal oleh masyarakat Desa Bermi. Sumur pertama berdiri sendiri atau terpisah dengan dua sumur lainnya yang saling berdempetan atau gandeng. Sumur yang terpisah, airnya kerap digunakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Desa Bermi.

Sedangkan sumur yang berhubungan atau gandeng digunakan untuk berikhitiar. Banyak yang datang ke sumur gandeng tersebut untuk melakukan ritual seperti mandi, cuci muka, wudu, maupun membawa pulang airnya. Dengan ritual itu, mereka yakin segala jenis penyakit yang diderita mampu terobati setelah mandi air dari sumur gandeng itu.

Baca juga: Lo! Kena Mutasi, 14 Sekdes PNS di Demak Gugat Bupati

Keberadaan sumur gandeng ini pun membuat Desa Bermi menjadi salah satu tujuan wisata di Kabupaten Demak. Pemerintah Desa Bermi pun akhirnya mulai mengembangkan destinasi baru seperti sport center yang diharapkan mampu meningkatkan minat wisatawan yang datang ke daerahnya.

Tidak diketahui secara pasti asal usul sumur gandeng di Desa Bermi Demak ini. Meski demikian, menurut cerita yang berkembang di masyarakat, Desa Bermi awalnya merupakan hutan belantara.

Sejarah Desa Bermi tak terlepas dari cerita tentang tiga prajurit Kerajaan Mataram yang melarikan diri dari peperangan yakni Suro Wijoyo Sampurno, Sumo, dan Mbah Jenggot. Ketiga tokoh inilah yang dipercaya menemukan Desa Bermi yang kala itu masih hutan belantara.

Baca juga: Melempar Harapan di Sumur Terbesar Dunia di Dataran Tinggi Dieng

Ketiganya kemudian babat alas atau mendirikan desa dengan nama Bermi yang merupakan akronim dari Sumbere ing Bumi atau yang memiliki makna Sumber Kehidupan. Ketiga tokoh ini pulalah yang konon mendirikan ketiga sumur di Desa Bermi, Demak, yang dua di antaranya berhubungan atau gandeng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya