SOLOPOS.COM - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol. Firman Santyabudi saat kunjungan ke Tol Kalikangkung, Semarang, Kamis (23/2/2023) malam. (Solopos.com/Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG — Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol. Firman Santyabudi, menyurvei jalur mudik di jalan tol Jateng, Kamis (23/2/2023) malam. Survei itu dilakukan sebagai persiapan mudik Lebaran 2023.

Kakorlantas mendapati temuan jalan tol di Jateng mengalami kerusakan saat perjalanan dari Tegal ke Semarang. Dari hasil pengamatanya, ada jalan berlubang yang membahayakan pengguna jalan tol.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

“Jadi harus ‘disetrika’, diperbaiki supaya tidak membahayakan pengemudi,” kata Firman saat kunjungan ke Tol Kalikangkung, Semarang, Kamis (23/2/2023) malam.

Firman menilai kerusakan jalan tidak hanya berpotensi menimbulkan kemacetan, tapi bisa juga berakibat fatal bagi pengendara. Sehingga kondisi ini segera dilaporkan ke Kementerian Pekerjaan Umum.

“Kami akan berikan masukan kepada kementerian, ke perwakilan yang ada di Provinsi Jateng. Saat hari H [mudik] tidak boleh begitu, harus sudah diperbaiki,” katanya.

Lebih jauh, pihaknya juga meminta semua stakeholder mengantisipasi potensi adanya pembakaran api yang mengakibatkan asap beterbangan di tol yang mengganggu pandangan pengemudi.

“Kami minta semua pihak bekerja sama untuk mengawasi dan mencegah agar kejadian itu tidak terulang kembali. Meski saat ini musim hujan, nanti Maret-April saat mudik beda lagi, perlu imbauan ke masyarakat agar tidak terjadi gangguan di jalan,” sambungnya.

Terkait kesiapan rest area, nantinya para pengguna jalan tol ketika hendak beristirahat harus memasukan kendaraan ke dalam rest area. Bukan malah berhenti di depan pintu rest area yang menyebabkan sumbatan arus sehingga kemacetan mengular.

“Kami evaluasi di rest area karena ada atensi pimpinan, termasuk ketersediaan pengisian bahan bakar untuk mobil. Ini masih kami lakukan hasil survei hingga hari H, nanti kami sampaikan ke masyarakat,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya