SOLOPOS.COM - Proses evakuasi mahasiswa UPS Tegal yang terjebak air bah di Sungai Kaligung, Sabtu (25/11/2023). (Solopos.com-Basarnas Kantor SAR Semarang)

Solopos.com, TEGAL — Sebanyak 10 mahasiswa Universitas Pancasakti atau UPS Kabupaten Tegal, Jawa Tengah (Jateng), sempat terjebak air bah di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kaligung, Desa Danawarih, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (25/11/2023). Beruntung 10 mahasiswa itu berhasil dievakuasi dengan selamat oleh tim SAR gabungan pada pukul 17.50 WIB.

Informasi yang diterima Solopos.com dari Basarnas Kantor SAR Semarang, peristiwa itu dialami 10 mahasiswa UPS Tegal saat tengah melakukan survei lokasi untuk kegiatan mahasiswa pecinta alam (mapala) di sekitar DAS Kaligung. Namun tiba-tiba datang air bah yang membuat 10 mahasiswa UPS Tegal itu terjebak di tengah-tengah Sungai Gung.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

“10 mahasiswa Universitas Pancasakti ini sedang survei tempat untuk kegiatan pencinta alam. Tiba-tiba datang air bah yang membuat 10 mahasiswa ini terjebak di tengah-tengah Sungai Gung dan membutuhkan pertolongan,” ujar Kepala Kantor SAR Semarang, Heru Suhartanto, dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Sabtu malam.

Mendapat laporan adanya 10 mahasiswa yang terjebak di tengah Sungai Gung ini, Basarnas Semarang pun langsung memerintahkan tim SAR gabungan untuk melakukan penyelamatan.

Upaya pertolongan pun dilakukan tim SAR gabungan dengan metode throw atau melempar tali karmantel untuk dibentangkan dan menjadi pegangan survivor. “Setelah upaya kurang lebih satu jam, 10 survivor [mahasiswa UPS Tegal] berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat. Korban selanjutnya dibawa ke Polsek Balapulang,” terang Hery.

Heru pun mengimbau kepada masyarakat, termasuk komunitas pecinta alam, untuk berhati-hati saat melakukan aktivitas di sekitar wilayah sungai.

“Imbauan kepada masyarakat yang sedang beraktivitas di sungai untuk memakai alat keselamatan. Semoga kejadian ini tidak terulang kembali,” ujarnya.

Sementara itu, 10 mahasiswa UPS Tegal yang berhasil dievakuasi dengan selamat itu yakni Rizki, 19; Muhamad Esa Trio, 18; Faizal Dainan Putra, 22; Kevin Roibafi, 23; Sifa Dika, 20; M. Imron, 21; dan Rangga Geral, 21. Kemudian Ibrahim Imaduddin, 21; M. Sahrul, 21; dan Untung, 31.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya