SOLOPOS.COM - Kaesang melepas Jaket Samsul sebelum dilemparkan ke kader PSI saat kampanye terbuka di Lapangan Jajar, Senin (22/1/2024). (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Kaesang Pangarep menjadi calon potensial pada Pilgub Jateng 2024 berdasarkan hasil survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dirilis Minggu (30/6/2024).

Nama putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu berada di urutan kedua daftar top of mind calon Gubernur Jawa Tengah (Jateng) dengan persentase 2,5%. Posisi pertama ditempati Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi dengan persentase 5,2%.

Promosi Selamat, BRI Raih Dua Penghargaan di CNN Indonesia Awards Bali 2024

Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan membeberkan, elektabilitas Kaesang di Jateng punya pengaruh kuat terhadap pasangan calon yang berdampingan dengannya. LSI lalu mengungkapkan sejumlah simulasi pasangan Kaesang.

Berdasarkan hasil survei simulasi tiga pasangan calon, pasangan Ahmad Luthfi-Kaesang Pangarep berada di posisi pertama dengan elektabilitas 41,9%. Diikuti oleh pasangan Sudaryono-Taj Yasin Maimoen dengan 21,1%. Terakhir pasangan Bambang Wuryanto-Yusuf Chudlori dengan 14,0%. Sementara 23,0% tidak tahu.

Jika Kaesang dipasangkan dengan Taj Yasin Maimoen, survei menunjukkan pasangan Kaesang Pangarep-Taj Yasin Maimoen berada di posisi pertama dengan elektabilitas 32,6%. Ahmad Luthfi-Sudaryono di peringkat kedua dengan 29,7% dan Bambang Wuryanto-Yusuf Chudlori 14,4%.

Hasil survei tersebut menunjukkan jika nama Kaesang Pangarep dihapus dari daftar calon Gubernur Jateng di Pilgub 2024, maka Ahmad Luthfi unggul dibandingkan calon lainnya.

Namun, apabila nama Kaesang dan Bambang Wuryanto dimasukkan, putra bungsu Presiden Jokowi itu masih unggul, namun tidak jauh.

Sebagai informasi, survei LSI dilakukan pada 21-26 Juni 2024. Total ada 1.200 responden dipilih menggunakan metode double sampling.

Responden merupakan penduduk Jawa Tengah dan diwawancarai via telepon. Margin of eror 2,8% pada tingkat kepercayaan 95%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya