SOLOPOS.COM - Wali Kota Gibran Rakabuming Raka menyatakan akan meningkatkan hubungan internasional untuk menarik wisatawan ke Kota Solo. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SEMARANG — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, meraih elektabilitas tertinggi dalam survei Pilkada atau Pilgub Jawa Tengah (Jateng) yang digelar lembaga survei Paramater Politik Indonesia (PPI). Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu bahkan unggul jauh dibandingkan kandidat lainnya seperti Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen, maupun mantan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, PPI menyebutkan survei atau pengambilan data dilakukan dalam kurun waktu 2-11 Juni 2023. Survei dilakukan kepada 800 responden yang tersebar di 35 kabupaten/kota dengan metode multistage random sampling.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Survei itu juga dilakukan kepada responden yang memiliki KTP Jateng dan telah berusia minimal 17 tahun. Sedangkan margin of errror dalam survei itu sekitar 3,5%.

Dalam berbagai survei calon gubernur Jateng, Gibran selalu menempati urutan teratas. Sebanyak 45% responden dalam survei itu bahkan memilih Gibran, seandainya Pilgub Jateng digelar saat ini.

Sementara Taj Yasin berada di urutan kedua dengan tingkat elektabilitas 5,8%, disusul Hendi dengan 3,6%, dan Bupati Kendal, Dico Ganinduto, dengan 3,3%.

“Dari sisi elektabilitas, tidak bisa dibantah bahwa Gibran Rakabuming Raka sementara ini hampir mustahil untuk dikalahkan. Gibran mampu meninggalkan lawan-lawannya dengan selisih keunggulan hampir 40% di semua skenario,” tulis PPI dalam keterangan tertulisnya.

Dalam keterangan tertulisnya, PPI juga menyebutkan jika potensi Gibran menjadi Gubernur Jateng sangatlah besar. Oleh karenanya, hal itu pun sangat sayang dilewatkan atau dikorbankan bagi pihak Gibran demi menjadi wakil presiden maupun maju dalam Pilgub DKI Jakarta.

PPI juga menyampaikan ada beberapa faktor yang mempuat elektabilitas Gibran unggul jauh dibanding kandidat atau tokoh lain dalam survei Pilgub Jateng 2024. Faktor itu antara lain popularitas, kinerja dan kepemimpinan yang dianggap baik, sifatnya yang dianggap rendah hati, dan juga faktor putra Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya