SOLOPOS.COM - Ilustrasi perayaan malam tahun baru (JIBI/dok)

Tahun Baru 2016 di Banyumas diharapkan berlansung aman dan lancar. Untuk itu Polres Banyumas melakukan sejumlah antisipasi.

Semarangpos.com, PURWOKERTO-Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Banyumas, Jawa Tengah, menyiapkan rekayasa lalu lintas guna mengantisipasi kemacetan di wilayah tersebut khususnya di kota Purwokerto saat malam tahun baru.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

“Berdasarkan informasi yang kami terima dari Pemkab Banyumas, ada enam lokasi yang akan disiapkan sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan menyambut tahun baru,” kata Kapolres Banyumas AKBP Gidion Arif Setyawan didampingi Kepala Satlantas AKP Ihram Kustarto saat jumpa pers akhir tahun di aula Rekonfu, Markas Polres Banyumas, Rabu (30/12/2015).

Menurut dia, enam titik keramaian tersebut berada di Alun-alun Purwokerto, Gelanggang Olahraga (GOR) Satria Purwokerto, Taman Rekreasi Andhang Pangrenan Purwokerto, Taman Bale Kemambang Purwokerto, Lokawisata Baturraden, dan Alun-alun Kota Lama Banyumas.

Terkait hal itu, dia mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas guna mengantisipasi kemacetan di sejumlah ruas jalan menuju titik-titik keramaian tersebut.

“Untuk Alun-alun Purwokerto, kami akan menerapkan rekayasa lalu lintas seperti halnya saat dilakukan car free day setiap hari Minggu sedangkan di GOR Satria seperti saat sunday market atau pasar Minggu pagi. Kami akan menutup atau mengalihkan arus kendaraan yang menuju dua lokasi tersebut di beberapa titik persimpangan jalan,” katanya.

Menurut dia, pengalihan arus kendaraan juga akan dilakukan di sejumlah persimpangan jalan menuju Taman Bale Kemambang dan Taman Rekreasi Andhang Pangrenan.

Sementara untuk rekayasa lalu lintas di Lokawisata Baturraden, akan dilakukan seperti saat libur Lebaran dan Natalan.

Dalam hal ini, arus kendaraan menuju Lokawisata Baturraden tetap melalui jalur utama, yakni Jalan Raya Baturraden, sedangkan kendaraan dari arah Baturraden dialihkan melalui jalur barat melalui Desa Ketenger, Karangtengah, dan Kebumen, Kecamatan Baturraden.

Rekayasa lalu lintas di sekitar Alun-alun Kota Lama Banyumas kemungkinan akan menggunakan sistem buka-tutup karena berada pada jalur utama yang menghubungkan Purwokerto dan Yogyakarta.

“Kami juga akan memblokade konvoi kendaraan dari luar kota yang hendak menuju Purwokerto,” kata Ihram menambahkan. Ia mengharapkan pengendara kendaraan bermotor untuk mengikuti imbauan petugas agar tetap selamat dalam berkendara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya