SOLOPOS.COM - Wali Kota Semarang, Hevearita G Rahayu. (Solopos.com-Ria Aldila Putri)

Solopos.com, SEMARANG — Pemerintah Kota Semarang berencanam melalukan peremajaan armada Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang pada 2024 mendatang. Pemkot juga akan menambah satu koridot baru yang akan melayani mobilitas masyarakat.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, mengatakan sebagai permulaan pihaknya akan melakukan kajian-kajian terlebih dahulu. Mulai dari trase, komposisi bus, dan kapasitas bus dari berbagai koridor yang dimiliki.

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

“Kalau saya lihat di jam-jam tertentu kosong. Ini tidak efektif, sehingga saya minta untuk dikaji semua. Mumpung masih November, jadi nanti bus mana yang harus diremajakan dan mana yang masih bisa dipakai,” ujar perempuan yang karib disapa Mbak Ita, Sabtu (18/11/2023).

Ia menjelaskan, peremajaan armada ini dilakukan oleh badan layanan umum daerah (BLUD) Trans Semarang dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang. Kajian akan dilakukan di seluruh koridor untuk mengetahui armada-armada yang harus diremajakan.

“Termasuk, beberapa koridor perlu dikaji ulang terkait penggunaan bus medium. Untuk koridor yang sepi, mungkin pakai feeder bisa lebih efisien. Kalau tetap menggunakan bus tetapi tidak ada penumpang kan sayang juga. Okupansi manajemen penumpang harus dihitung,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BLUD Trans Semarang, Haris Setyo Yunanto, menambahkan salah satu yang harus dikaji ialah penggantian bus medium dengan micro bus, seperti yang digunakan untuk armada feeder.

“Nanti akan dihitung biaya operasional kendaraan (BOK)-nya dulu, termasuk pengaruhnya ke konsumsi bahan bakar atau operasional dan lainnya,” tutur Haris.

Ia menyebut, salah satu koridor yang akan dilakukan kajian ulang adalah koridor 7 dengan rute Balai Kota Semarang- Eks Terminal Terboyo PP.

“Hasil Banggar kemarin, koridor 7 harus dievaluasi. Tahun depan kami juga akan menambah satu koridor lagi dengan konsep sub-feeder,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya