SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesta kembang api pada malam Tahun Baru (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, BATANG — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang, Jawa Tengah (Jateng), memutuskan untuk meniadakan pesta kembang api dalam menyambut dan merayakan malam Tahun Baru 2023. Sebagai gantinya, Pemkab Batang akan menggelar pengajian serta doa lintas agama di Rumah Dinas Bupati Batang saat malam pergantian tahun nanti, Sabtu (31/12/2022).

Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki di Batang, Jumat, mengatakan bahwa Kementerian Dalam Negeri telah memberikan imbauan kepada masyarakat agar tidak merayakan malam pergantian malam secara berlebihan.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

“Oleh karena itu, pemkab memutuskan tidak mengadakan pesta kembang api saat malam pergantian tahun. Kementerian Dalam Negeri sudah berpesan agar keramaian tidak berlebihan,” katanya.

Menurut dia, larangan merayakan tahun baru secara berlebihan juga mempertimbangkan dengan kondisi saat ini yang belum sepenuhnya terbebas dari pandemi Covid-19. Hal yang terpenting, kata dia, makna dari pergantian tahun dari 2022 ke 2023 tetap dirayakan meski dengan seremoni yang sederhana.

“Meski kasus Covid-19 sudah melandai namun kita harus tetap waspada dan hati-hati sebagai upaya mengantisipasi sesuatu hal yang tidak diinginkan bersama,” katanya.

Lani Dwi Rejeki meminta masyarakat mengikuti kegiatan doa bersama lintas agama yang akan diselenggarakan di Rumah Dinas Bupati Batang. Doa bersama itu, kata dia, untuk memohon agar Kabupaten Batang dijauhkan dari bencana serta lebih maju dan sejahtera.

“Pemkab Batang tidak menyelenggarakan acara hiburan maupun pesta kembang api karena situasi masih ada Covid-19 dan dampak inflasi. Sebagai gantinya kami akan menggelar pengajian dan doa bersama lintas agama,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya