SOLOPOS.COM - Gardu Pandang Dieng. (dieng-kejajara. wonosobokab.go.id)

Solopos.com, WONOSOBO — Mendengar nama Wonosobo, Jawa Tengah (Jateng), kebanyakan orang atau wisatawan pasti langsung akan tertuju pada sebuah tempat wisata yang kerap dijuluki Negeri di Atas Awan, yakni Dieng. Meski demikian, tempat wisata di Wonosobo rupanya bukan hanya Dieng saja. Berikut deretan tempat wisata yang ada di Wonosobo, selain Dieng.

Bertamsya ke Wonosobo, pastinya benak kita akan tertuju pada Dieng. Maklum, nama Dieng sudah sangat populer di kalangan turis baik lokal maupun mancanegara.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Hal itu dikarenakan Dieng dikenal sebagai dataran tinggi yang indah yang menawarkan sederet tempat wisata yang eksotis. Namun, Wonosobo tidak hanya memiliki Dieng untuk menjadi daya tarik wisatawan.

Wonosobo juga memiliki sejumlah tempat wisata yang tidak kalah indah. Berikut daftar tempat wisata yang bisa ditemui wisatawan saat berkunjung ke Wonosobo, termasuk di sekitar Dataran Tinggi Dieng.

  • Wisata Petak 9 Sidengkeng Dieng

Pemandangan dataran tinggi Dieng memang terkenal akan keindahan alamnya yang memikat. Apalagi jika menyaksikannya dari tempat yang lebih tinggi dan strateegis, seperti dilihat dari Petak 9 Dieng. Wisata Petak 9 Sidengkeng Dieng ini merupakan bukit kecil di area wisata Telaga Warna yang menjadi salah satu tempat favorit wisatawan. Di sini, wisatawan bisa memandang lanskap Telaga Warna dari atas. Dari puncak Bukit Sidengkeng, Telaga Warna berkilau disinari matahari terlihat lebih jelas.
Permukiman penduduk atau pepohonan yang rindang tidak menjadi halangan bagi mata kita untuk menikmati pemandangan alam yang menakjubkan ini. Apalagi saat kabut tidak terlalu tebal. Spot cantik langsung menjadi favorit bagi penikmat alam dan pencinta fotografi.

  • Curug Winong

Keindahan air terjun atau Curug Winong memang sudah tidak bisa untuk dilewatkan saat berkunjung ke Wonosobo. Dilansir dari laman visitjawatengah.jatengprov.go.id, Curug Winong bagaikan permata tersembunyi di tengah hutan. Ketinggian air terjun mencapai 100 meter. Air yang jatuh di tebing kemudian mengalir di sungai menciptakan suara gemericik alam yang menenangkan. Di sekitar curug juga terdapat batu-batu besar yang tertata alami dan berbentuk seperti jalan atau tangga menurun.

  • Gunung Prau

Dengan ketinggan 2565 mdpl, Gunung Prau menyimpan banyak keindahan yang cocok untuk tempat mendaki. Gunung ini merupakan puncak tertinggi di dataran Dieng. Konon, pemandangan matahari terbit dari puncak Gunung Prahu disebut-sebut yang terindah di Asia tenggara. Jika ingin mendaki ke Gunung Prau, terdapat 5 jalur pendakian, di antaranya melalui Patak Banteng, Dieng, Kalilembu, Dwarawati, dan Wates.

  • Telaga Warna

Telaga ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit wisatawan. Telaga Warna ini terlihat begitu menarik karena airnya dapat berubah warna. Perubahan warna pada telaga ini disebabkan karena adanya kandungan belerang yang cukup tinggi. Konon katanya juga ada sebuah kisah di balik adanya Telaga Warna ini. Dari berbagai sumber dikatakan bahwa telaga ini merupakan bukti dari tenggelamnya kerajaan dan seluruh penduduk karena perilaku durhaka seorang anak kepada orangtuanya.

  • Batu Pandang Ratapan Angin

Telaga Warna memang favorit wisatawan saat berkunjung ke Wonosobo. Akan tetapi, untuk menikmati keindahannya Batu Pandang Ratapan Angin adalah jawabannya. Berada di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo, bisa ditempuh sekitar 27 kilometer dengan waktu kurang lebih satu jam dari Kota Wonosobo. Terletak di sebelah selatan Telaga Warna dengan ketinggian 2100 mdpl, Batu Pandang Ratapan Angin menjadi spot yang menarik untuk menikmati pemandangan alam sekitar.

  • Gardu Pandang Dieng

Terletak di ketinggan sekitar 1789 mdpl, di sini wisatawan dapat melihat keindahan dataran tinggi Dieng. Tempat ini menjadi tempat paling tepat untuk menyaksikan indahnya matahari terbit dan alternatif bagi wisatawan yang tidak sempat naik ke bukit Sikunir untuk melihat Golden Sunrise.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya