SOLOPOS.COM - Ilustrasi Investasi (JIBI/Solopos/Antara)

Ilustrasi Investasi (JIBI/Solopos/Antara)

Tarif angkutan di Jawa Tengah bakal segera turun.  Penurunan tarif ini dipastikan setelah Organda Jateng Menyatakan akan menurunkan tarif angkutan  

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

 

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Organisasi Gabungan Angkutan Darat (Organda) Jawa Tengah siap menurunkan tarif angkutan umum sebesar 5% sesuai dengan instruksi Organda Pusat menyusul penurunan harga BBM subsidi pada, Senin (19/1/2014).

“Memang sebelum ada instruksi dari Organda Pusat yang meminta kami untuk juga menurunkan tarif sebesar lima persen ini, kami sudah melakukan rapat pleno dengan pengusaha angkutan umum penumpang dan barang, mereka sudah setuju dengan penurunan sebesar itu,” kata Ketua Organda Jateng Karsidi Budi Anggoro seperti dikutip Antara, Rabu (21/1/2015).

Pihaknya mengaku juga sudah melakukan rapat pleno dengan dinas perhubungan, YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia), biro hukum, dan biro ekonomi Pemerintah Provinsi Jateng.

Meski demikian, pihaknya masih menunggu surat keputusan dari Gubernur Jateng terkait tarif baru tersebut.

“Kalau surat keputusan sudah keluar dan ditandatangani gubernur maka mulai saat itu tarif baru sudah diterapkan,” katanya.

Untuk menindaklanjuti keputusan tersebut, pihaknya juga mengimbau kepada anggota Organda Kota dan Kabupaten agar segera mengikuti keputusan tersebut.

Jika sebelumnya tarif batas atas untuk angkutan penumpang mencapai 177/penumpang/kilometer maka saat ini turun menjadi Rp168/penumpang/kilometer. Sedangkan untuk tarif batas bawah sebelum mengalami penurunan sebesar Rp109/penumpang/kilometer saat ini menjadi Rp103/penumpang/kilometer.

Sementara itu, harga perkiraan angkutan barang atau kontainer ukuran 20 feet jarak Semarang-Surakarta sebelum penurunan harga BBM subsidi batas atas mencapai Rp2,717 juta sedangkan saat ini Rp2.581.150.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya