SOLOPOS.COM - Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Sumarno. (humas.jatengprov.go.id)

Solopos.com, SEMARANG — Aparatur sipil negara atau ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) dipastikan akan mulai kembali bekerja atau masuk kantor seusai menjalani masa cuti bersama dan libur Lebaran 2022 pada Senin (9/5/2022). Pemprov Jateng pun tidak memberikan kebijakan ASN untuk melakukan work from home atau WFH.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Jateng, Sumarno, kepada Solopos.com, Sabtu (7/5/2022) sore. Sumarno menyebut Pemprov Jateng belum berencana menerapkan kebijakan WFH bagi ASN seusai menjalani cuti bersama dan libur Lebaran.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

“Terkait WFH ASN Jateng, seperti imbauan [pemerintah] pusat memang ada. Tapi, kami dari Pemprov Jateng belum ada [kebijakan] untuk itu,” tegas Sumarno.

Untuk diketahui, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahjo Kumolo, sebelumnya menyarankan seluruh instansi pemerintah untuk mengatur jadwal WFH bagi ASN selama sepekan mulai Senin (9/5/2022). Hal itu disampaikan Tjahjo menanggapi usulan Kapolri, Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, yang meminta diterapkan sistem kerja dari rumah atau WFH bagi ASN guna mengurai kemacetan arus balik Lebaran 2022.

“Saya setuju dengan pendapat Kapolri agar instansi pemerintah menerapkan kebijakan WFH. Seluruh PPK (Pejabat Pembina Kepegawaian) diharapkan mengatur pembagian jadwal agar penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan,” kata Tjahjo, dikutip dari Bisnis.com, Sabtu.

Baca juga: ASN Jateng Boleh Pakai Mobil Dinas untuk Mudik, BKD: Belum Ada Larangan

Menanggapi hal itu, Sumarno mengakui bahwa Jateng merupakan daerah tujuan mudik. Meski demikian, menurutnya, ASN Jateng bukanlah penyumbang kemacetan saat arus balik Lebaran 2022 karena mayoritas tidak melakukan perjalanan jarak jauh.

Cuti

“Jadi di sini kami juga bukan bagian yang menjadi pengguna jalur kemacetan, jadi kami belum ada ke sana [menerapkan WFH ASN],” jelas mantan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jateng itu.

Sekda Jateng menegaskan ASN di lingkungan Pemprov Jateng dipastikan mulai masuk kerja pada Senin, 9 Mei 2022 nanti. Meski demikian, hal itu tidak berlaku bagi ASN yang sudah mengajukan perpanjangan cuti sebelum Lebaran.

“Dipastikan akan mulai masuk, Senin [9 Mei 2022]. Jadi tidak ada WFH selama sepekan ke depan, tapi yang menambah cuti diperbolehkan. Tapi itu [cuti] bagi yang sudah mengajukan sebelum Lebaran,” tegasnya.

Baca juga: Menpan Imbau Instansi Pemerintahan Atur Jadwal WFH ASN Selama Sepekan

Sumarno pun bakal menerapkan sanksi tegas bagi ASN yang bandel atau tidak masuk kerja sesuai tanggal yang ditetapkan. Sanksi akan diterapkan sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang ada.

“Sanksi nanti bisa mulai dari teguran lisan, tertulis, hingga surat peringatan [SP],” ujarnya.

Sekda Jateng juga berharap momen libur panjang Lebaran 2022 bisa menjadi motivasi para ASN untuk lebih giat bekerja. “Kalau sudah libur panjang tentu sudah ketemu keluarga. Kemudian, yang sudah lama tidak mudik, sekarang bisa silaturahmi. Ini harus menambah semangat untuk kembali beraktivitas di dunia kerja,” harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya