SOLOPOS.COM - Telur mimi, yang merupakan kuliner khas dari Kendal yang ada hanya saat bulan Ramadan. (jadesta.kemenparekraf.go.id)

Solopos.com, KENDAL — Setiap daerah pastinya memiliki kuliner khas yang menjadi daya tarik bagi wisatawan saat berkunjung ke daerah tersebut. Tak terkecuali dengan Kabupaten Kendal di Jawa Tengah (Jateng), yang memiliki kuliner khas berupa telur mimi. Bahkan, kabarnya kuliner telur mimi ini menjadi sajian khas karena hanya ada saat atau menjelang Ramadan.

Sebelum bulan puasa, masyarakat di Kaliwungu, Kendal, biasanya menggelar sebuah tradisi yang diberi nama Tukudher. Pada tahun ini tradisi tersebut digelar di halaman parkir Masjid Al Muttaqin, Kaliwungu.

Promosi BRI Meraih Dua Awards Mobile Banking dan Chatbot Terbaik dalam BSEM MRI 2024

Dalam festival ini disajikan kuliner telur mimi yang menjadi buruan warga. Hal ini dikarenakan makanan ini terbilang unik dan langka, yang dijual hanya saat bulan Ramadan.

Baca juga: Bubur Samin, Kuliner Khas Solo Saat Ramadan

Dikutip dari laman berita Antara, telur mimi merupakan makan yang terbuat dari ikan pari dengan dicampur parutan kelapa muda dan diberi bumbu pedas.

Meski demikian, ikan pari yang diolah menjadi telur mimi bukanlah sembarang ikan pari. Ikan pari yang diolah merupakan ikan pari yang mempunyai kulit keras.

Ikan pari atau ikan mimi yang tengah bertelur itu lalu direbus dan dicampur bumbu rempah-rempah. Setelah itu, disajikan dengan parutan kelapa muda dan bumbu pedas.

Kuliner ini menjadi sajian khas di Kendal karena hanya bisa dijumpai menjelang bulan Ramadan. Selain itu, cara penyajiannya pun terbilang khas karena ikan mimi yang sudah direbus itu kemudian dikerok telurnya dari cangkang, kemudian dicampur parutan kelapa muda yang sudah diberi bumbu dan dimasak.

Baca juga: Kuliner Khas Semarang Petis Bumbon Hanya Dibuat Saat Ramadan

Bagi sebagian warga Kabupaten Kendal, terutama yang ada di wilayah Kaliwungu, konon rasanya tidak afdal, jika tidak mengonsumsi telur mimi sebelum puasa Ramadan. Oleh karenanya, kuliner telur mimi ini pun disebut-sebut sebagai kuliner khas Kendal saat bulan Ramadan.

Sementara itu, harga satu telur mimi yang dikemas dalam plastik biasanya dibanderol Rp5.000. Sedangkan yang disajikan satu pasang ikan mimi dijual dengan harga sekitar Rp75.000.

Kuliner telur mimi ini hampir mirip dengan petis bumbon yang berasal dari Kota Semarang. Petis bumbon juga merupakan kuliner khas yang hanya ada saat bulan Ramadan.

Kuliner petis bumbon ini biasanya dijual di dekat Masjid Agung Kauman, Kota Semarang, menjelang waktu berbuka puasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya