SOLOPOS.COM - Pemadam kebakaran saat melakukan pemadaman api di tempat karaoke dan penginapan, Java Inn, di Bandungan, Kabupaten Semarang, Jumat (5/8/2022). (Istimewa)

Solopos.com, UNGARAN — Tempat karaoke dan penginapan di Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Java Inn, mengalami kebakaran, Jumat (5/8/2022) pagi. Api melahap beberapa ruangan di lantai kedua dan ketiga bangunan tersebut.

Kapolsek Bandungan, Iptu Ari Parwanto, membenarkan peristiwa kebakaran yang melanda tempat karaoke Java Inn itu. Dugaan sementara penyebab kebakaran adalah korseleting listrik.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

“Dari hasil pemeriksaan awal, penyebabnya yaitu korsleting listrik di salah satu ruang karaoke. Muncul asap dari balik tembok,” ujarnya, Jumat pagi.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tempat karaoke yang cukup terkenal di Bandungan, Kabupaten Semarang itu. Hal itu dikarenakan saat terjadinya kebakaran, Java Ini sedang tutup atau tidak beroperasi.

“Hanya ada karyawan yang sedang membersihkan, tapi seluruhnya tidak ada yang jadi korban,” jelas Kapolsek Bandungan.

Baca juga: Selain Tahu, Sate Kelinci Jadi Kuliner Khas di Bandungan

Sementara itu, Kasi Damkar dan Satpol PP Kabupaten Semarang, Danang Widi, mengatakan sempat mengalami kendala saat melakukan pemadaman api di tempat karaoke Java Ini di Bandungan itu. Hal itu dikarenakan saat pemadaman asap terus mengepul di dalam ruangan.

Alhasil, asap itu pun harus dikeluarkan melalui jendela dengan menggunakan selang blower agar personel pemadam kebakaran bisa masuk dan memadamkan api. Pihaknya juga meminta bantuan personel dari BPBD Kabupaten Semarang untuk mengatasi kebakaran.

“Sebanyak 25 personel dari Damkar Semarang dan 10 personel dari BPBD Kabupaten Semarang diterjunkan untuk proses pemadaman,” jelasnya.

Baca juga: 3 Bulan Nganggur, Karyawan Tempat Karaoke Bandungan Protes & Gelar Aksi Lamar CPNS di Kantor Bupati Semarang

Danang mengungkapkan pihaknya juga mendapatkan bantuan dari mobil Damkar Kota Salatiga untuk memadamkan kebakaran di tempat karaoke di Bandungan, Kabupaten Semarang itu. Selain itu mobil damkar dari seluruh posko di Kabupaten Semarang juga dikerahkan.

Proses pemadaman api juga turut dibantu tim sukarelawan dari Baguna dan Sarseri. Proses pemadaman pun berlangsung cukup lama dan baru selesai sekitar pukul 09.00 WIB.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya