SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibadah haji. (Freepik)

Solopos.com, SEMARANG — Sebanyak 3.229 calon haji di Jawa Tengah (Jateng) yang belum melakukan konfirmasi pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) masih berpeluang berangkat ke Tanah Suci. Hal itu menyusul adanya perubahan kebijakan dari Kementerian Agama (Kemenag) terkait tenggat atau batas waktu konfirmasi pelunasan BPIH yang diperpanjang hingga 12 Mei 2023.

Hal tersebut disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Pelayanan Haji dan Umrah (Kabid PHU) Kemenag Jateng, Fitriyanto, kepada Solopos.com, Jumat (5/5/2023) petang. Fitriyanto menyebutkan batas waktu pelunasan BPIH yang semula Jumat (5/5/2023) diperpanjang menjadi 12 Mei 2023.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Meski demikian, ia menyebutkan hingga kini tercatat ada sekitar 3.229 calon haji dari berbagai daerah di Jateng yang belum melakukan konfirmasi atau membayar pelunasan biaya haji BPIH. Jika hingga tanggal 12 Mei 2023, calon haji itu belum melakukan pelunasan, maka namanya akan dicoret dalam daftar calon haji yang diberangkatkan ke Makkah pada tahun ini.

“Pelunasan diperpanjang sampai dengan tanggal 12 Mei 2023,” tegas Fitriyanto.

Terkait kabupaten/kota mana yang paling banyak melaporkan calon haji belum melunasi BPIH, Fitriyanto enggan membeberkan hal tersebut. Pada intinya, ia meneegaskan jika Kemenag telah melakukan perpanjangan batas akhir, sehingga masyarakat yang sebelumnya tak sempat atau tak mengetahui informasi, bisa melakukan komformasi ulang.

Fitriyanto juga meminta pada calon haji yang sekiranya tidak bisa melunasi biaya haji BPIH itu untuk melapor ke kantor Kemenag di wilayahnya masing-masing. “Kalau sekiranya tahun ini tidak bisa melunasi, kami minta melapor. Bisa minta penundaan keberangkatan hingga tahun depan. Supaya tahun depan tetap bisa diberangkatkan dan masuk prioritas,” ujarnya.

Sekadar informasi, jumlah calon haji asal Jateng yang berhak melunasi BPIH pada 2023 ada sebanyak 30.013 orang. Dari puluhan ribu orang itu, sebanyak 3.229 orang belum melakukan pelunasan biaya haji BPIH.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya