SOLOPOS.COM - Prada Nes Indra (kiri) dan Prada Muhammad Abrar Sa’ad (kanan) saat menunjukkan medali hasil Dieng Detrac Trail Run Series 2023. (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SEMARANG — Dua anggota Yonkav 2/Turangga Ceta Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah sukses meraih prestasi dalam event Dieng Detrac Trail Run Series 2023.

Keduanya sama-sama menjadi juara dua untuk nomor 15 kilometer dan 35 kilometer dalam event yang dihelat tanggal 10-11 Juni 2023.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Jenis olahraga atletik yang merupakan perpaduan dari lari dan naik gunung ini biasanya dilakukan di hutan, bukit, pegunungan, bahkan pantai.

Prestasi tersebut diraih dua anggota Yonkav itu dengan perjuangan yang sangat berat. Bahkan Prada Nes Indra yang mengikuti nomor 15 kilometer harus tersesat kurang lebih satu kilometer sebelum kembali mengejar ketertinggalan.

Ditemui Solopos.com Rabu (14/6/2023), Prada Indra mengatakan dirinya sempat memimpin dalam lomba lari trial tersebut.

“Saya sudah unggul lumayan jauh dari peserta lain. Saat sampai di kilometer 9, banyak tenda pendaki dan saya malah lari ke rute peserta yang 35 kilometer,” jelasnya.

Dia menyadari tersesat saat melihat GPS di jam tangannya. Saat itu, tidak ada panitia dan rambu yang terpasang tertutup tenda pendaki.

“Saya menyadari kesalahan rute dan kembali mengejar ke rute yang seharusnya,” kata Prada Indra.

Menurut Prada Indra, saat tersesat tersebut, dirinya sempat down karena harus melewati rute yang naik-turun.

“Apalagi, tentu sudah banyak peserta yang mendahului. Tapi saya terus lari saja. Berupaya mengejar ketinggalan,” ungkap pria asal Lampung ini.

Prada Indra mengatakan saat jalan menurun, dia langsung tancap gas menyalip peserta lain.

“Strategi saya untuk lari kencang di turunan berhasil. Saya masih bisa meraih juara dua dari 256 peserta. Total waktu tempuh 2 jam enam menit,” jelasnya.

Sementara, Prada Muhammad Abrar Sa’ad juga meraih juara II di nomor 35 kilometer dengan waktu tempuh 6 jam 13 menit.

“Ini event terhitung berat karena harus melewati empat gunung, yakni Bismo, Prau, Pakuwojo, dan Sikunir,” ujarnya.

Prada Abrar mengaku memersiapkan diri satu bulan lebih untuk mengikuti Dieng Detrac Trail Run Series 2023.

“Kalau dari kesatuan ada dispensasi untuk latihan kalau akan mengikuti event lari. Jadi bisa fokus untuk meraih prestasi,” paparnya.

Danyon Kav 2/Turangga Ceta, Letkol Kav. Barid Budi Susila, mendukung penuh kepada prajurit yang meraih prestasi.

“Saya harap prajurit bisa eksis dengan prestasi dalam setiap event yang diikuti. Kita juga akan bekerja sama dengan pelatih profesional untuk memberi materi latihan serta pembinaan agar atlet prajurit ini menjadi lebih terarah,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya