SOLOPOS.COM - Masjid As Safinatun Najah di Jl. Kyai Padak, Kampung Padakan, Kelurahan Podorejo, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Jateng. (Instagram-@masjid_kapal_hitss)

Solopos.com, SEMARANG — Di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), terdapat sebuah masjid yang menarik perhatian publik karena bentuknya mirip dengan kapal. Masjid yang juga menjadi wisata religi di Kota Semarang ini diberi nama Masjid As Safinatun Najah atau juga populer dengan sebutan Masjid Kapal Bahtera Nuh.

Penampakan Masjid As Safinatun Najah dengan bangunan berwarna kuning kecokelatan menyerupai kapal ini menarik perhatian karena bentuknya yang unik. Masjid As Safinatun Najah atau Masjid Kapal ini berada di Jalan Kyai Padak, Kelurahan Podorejo, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Dilansir dari beberapa sumber, nama Safinatun Najah pada masjid yang sekaligus juga menjadi lokasi wisata di Semarang ini mempunyai arti kapal penyelamat. Safinatun Najah juga merupakan nama dari yayasan milik masjid ini, yaitu Masjid Safinatun Najah yang berasal dari Pekalongan.

Bangunan masjid ini terinspirasi dari kisah Nabi Nuh. Oleh sebagian besar masyarakat juga disebut-sebut mirip dengan bahtera Nabi Nuh. Memiliki luas hingga mencapai 2500 meter persegi, Masjid As Safinatun Najah ini memiliki eksterior berbentuk kapal yang sekelilingnya terdapat kolam dan membuat masjid ini memiliki kesan mengapung. Apalagi dilengkapi juga dengan jendela berbentuk bulat, buritan, dan haluan.

Tempat wisata religi ini memiliki tiga lantai dengan fungsi yang berbeda-beda. Pada lantai dasar pengunjung akan menemukan tempat wudu, toilet, dan aula serba guna. Di lantai kedua terdapat tempat salat. Sedangkan di lantai tiga terdapat perpustakaan.

Masjid ini juga memiliki area terbuka paling atas yang merupakan rooftop. Di sana terdapat kubah berwarna hijau yang bisa menjadi spot untuk menyaksikan pemandangan sekitar seperti sawah dan hutan. Sekarang ini, ada beberapa masjid besar di Indonesia yang fungsi bangunannya tak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga digunakan untuk berbagai macam kegiatan.

Masjid berbentuk bahtera Nabi Nuh ini ternyata telah dibangun di Semarang, Jawa Tengah sejak tahun 2014. Tak hanya menjadi tempat ibadah atau lokasi wisata religi, Masjid As Safinatun Najah juga membuka klinik kesehatan serta asrama untuk para santri. Tak hanya dapat berkeliling menikmati suasana nyaman Masjid As Safinatun Najah, pengunjung juga dapat berfoto di beberapa spot menarik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya