SOLOPOS.COM - Masjid Agung Jawa Tengah. (visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Solopos.com, SEMARANG — Dikenal sebagai salah satu masjid yang megah di Kota Semarang, Masjid Agung Jawa Tengah (Jateng) ternyata juga kerap digunakan untuk melangsungkan pernikahan. Berikut perincian biaya akad nikah di Masjid Agung Jawa Tengah atau MAJT yang terletak di Jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Gayamsari, Kota Semarang.

Masjid Agung Jawa Tengah dibangun di atas lahan seluas 10 hektare. Masjid ini diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 14 November 2006 silam.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Memiliki gaya arsitektur campuran Jawa, Islam, dan Romawi, MAJT di Semarang memang menjadi daya tarik bagi masyarakat. Tidak hanya yang ingin menjalankan ibadah, tapi juga warga yang ingin berwisata.

Meski demikian, MAJT di Semarang rupanya tidak hanya bisa dinikmati sebagai tempat wisata maupun tempat ibadah. Masjid Agung Jawa Tengah juga bisa menjadi lokasi pesta pernikahan maupun akad nikah dengan biaya yang cukup terjangkau.

Berdasarkan informasi yang diterima Solopos.com dari pengurus atau staf humas Yayasan Masjid Agung Jawa Tengah, biaya untuk melangsungkan pernikahan di MAJT terbilang murah.

Biaya akad nikah di Masjid Agung Jawa Tengah hanya membutuhkan dana mulai dari Rp1 juta jika melangsungkan acara pada hari biasa atau weekday, Jumat-Kamis dan Rp1,5 juta untuk hari Sabtu-Minggu.

Sementara untuk hari Jumat, pihak MAJT tidak menerima penyelenggaraan acara apa pun karena di lokasi tersebut digunakan untuk menggelar salat Jumat.

Seorang staf humas Yayasan MAJT, Ika, mengatakan biaya akad nikah di Masjid Agung Jawa Tengah memang tergolong murah. Namun, biaya itu hanya sebatas untuk menyewa ruang utama salat yang akan digunakan untuk menggelar akad nikah, bantal duduk untuk pengantin, dan peralatan sound system standar dengan dua microphone.

“Kalau untuk biaya akad nikah ke KUA [mendatangkan penghulu] itu tanggung jawab dari pihak penyewa atau yang akan melangsungkan akad nikah. Kami dari MAJT hanya menyewakan ruangan,” ujar Ika, Sabtu (25/2/2023).

Sementara itu, selain menerima pemesanan ruang untuk akad nikah, MAJT di Semarang juga bisa digunakan untuk menggelar pesta pernikahan. Sewa gedung atau ruangan untuk pesta pernikahan jelas lebih mahal.

Biaya sewa gedung atau Convention Hall untuk menggelar pesta pernikahan dibanderol Rp20 juta hingga Rp35 juta. Dengan biaya itu penyewa akan mendapatkan berbagai fasilitas mulai dari ruangan dengan kapasitas 600-2.000 orang, AC 105 pk, 2 LCD dan rool screen, kursi futura susun 200 unit, ruang rias, lima kamar ganti, ruang transit, ruang pantry, hingga izin keramaian dari kepolisian.

Nah, demikian perincian biaya akad nikah di Masjid Agung Jawa Tengah, Kota Semarang. Semoga informasinya bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya