SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat berbincang dengan siswa SDN Sugihan 3 Tengaran, Kabupaten Semarang, yang menulis surat kepadanya, Kamis (20/10/2022). (Solopos.com-Hawin Alaina)

Solopos.com, UNGARAN — Harapan siswa SD Negeri Sugihan 3 Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, yang ingin sekolahnya didatangi Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, akhirnya terkabul pada Kamis (20/10/2022). Ganjar akhirnya datang ke sekolah yang minim fasilitas pendidikan di perbatasan Kabupaten Semarang dengan Boyolali itu.

Sebelumnya, harapan dan keinginan agar sekolah didatangi Gubernur Ganjar itu dituangkan para siswa melalui sebuah surat pada Senin (10/10/2022).Surat para siswa SDN Sugihan 3 Tengaran ini kemudian dikirim via pos ke Gubernur Ganjar yang ada di Kota Semarang.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

Setelah menunggu selama kurang lebih sepekan, akhirnya surat para siswa SDN Sugihan 3 itu berbalas dalam bentuk kedatangan langsung orang nomor satu di jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng itu. Ganjar datang dengan mengenakan baju adat Jawa lengkap dengan belangkon dan beskap.

Seorang siswa SDN Sugihan 3, Mitha Aryani, mengaku dalam surat yang ditujukan ke Gubernur Ganjar dirinya menceritakan tentang kondisi sekolahnya yang minim fasilitas. Selain itu, sekolahnya tidak memiliki laptop sebagai saran belajar siswa untuk mengenal dunia digital.

“Sekolah tidak punya laptop karena tidak mampu membeli,” ujar Mitha saat ditanya Ganjar tentang isi suratnya, Kamis.

Baca juga: Minim Fasilitas Pendidikan, Siswa SD di Semarang Tulis Surat ke Gubernur Ganjar

Selain itu Mitha juga meminta sekolahnya mendapat sambungan listrik secara mandiri. Hal itu dikarenakan selama ini, listrik yang ada di sekolahnya masih menumpang milik warga sekitar.

Pemkab Semarang

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, pun mengaku prihatin saat membaca surat dari para siswa SDN Sugihan 3 itu. Ia pun langsung mendatangi sekolah tersebut begitu membaca surat tersebut.

“Sekolahnya tak pikir jelek banget, ternyata enggak terlalu. Tapi, kami cek memang ada beberapa fasilitas yang rusak. Insyaallah, Pemkab Semarang akan memperbaiki,” katanya.

Sementara itu, Ganjar akan membantu pada jaringan listrik yang tidak masuk ke sekolah itu. Sedangkan untuk fasilitas seperti laptop, ia juga akan memberikan bantuan agar mempermudah siswa dan guru saat pelaksanaan ujian dan berbagai kegiatan.

Baca juga: Kunjungi Boyolali, Ganjar Kagum Bakat Seni Anak-Anak di Sanggar SKWL Nusantara

Menurut Ganjar, keinginan siswa yang dituangkan dalam surat itu tergolong inspiratif. Ia bahkan menanyakan secara langsung kepada para siswa mana saja yang telah menulis surat kepadanya.

“Untuk membikin anak soft confidence, menyampaikan pendapat, dan tidak takut. Sehingga, anak-anak itu dalam konteks pendidikan tidak hanya mendapat ilmu pengetahuan. Makanya, saya tertarik, tergoda dengan surat itu dan hadir ke sini,” ungkap Ganjar.

Kepala SDN Sugihan 3, Septina Ika Kadarsih, mengaku senang dengan kedatangan Gubernur Ganjar di sekolah. Apalagi, Ganjar juga berjanji memenuhi kebutuhan dan kekurangan fasilitas pendidikan di sekolah itu.

“Tadi akan diberikan dua unit laptol oleh Pak Ganjar. Insyaallah akan sangat bermanfaat bagi sekolah kami ke depan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya