SOLOPOS.COM - Menhub Budi Karya Sumadi bersama Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat menghadiri ground breaking terminal baru di Purworejo, Minggu (21/5/2023). (Solopos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, PURWOREJO — Proyek pembangunan terminal baru di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah (Jateng), mulai dikerjakan Minggu (21/5/2023). Pembangunan terminal yang menelan biaya mencapai Rp35 miliar ini pun ditargetkan selesai pada Desember 2023 nanti.

Proses pembangunan terminal baru yang terletak di Jalan Gajah Mada, Kecamatan Banyuurip, atau depan Mapolres Purworejo, itu ditandai dengan peletakan batu pertama atau ground breaking oleh Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Turut mendampingi Menteri Budi adalah Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. Ganjar berharap terminal baru ini dapat membuat masyarakat Purworejo bahagia dan meningkatkan perekonomian.

“Ini terminal nanti fungsinya akan digandakan. Mungkin space tidak terlalu luas tapi secara fungsional akan lebih maksimal. Kesempatan untuk pemkab bisa mengoptimalkan,” kata Ganjar dalam sambutannya.

Ganjar mengatakan, pembangunan Terminal Bus Tipe A Purworejo yang baru ini diharapkan membantu mobilitas warga khususnya di sekitar Purworejo, sehingga perekonomian bisa menggeliat.

Selain itu, Ganjar juga menyinggung rencana aktivasi Stasiun Purworejo yang berhenti beroperasi pada tahun 2010. Ganjar berharap, reaktivasi tersebut menjadi titik balik penataan transportasi di wilayah Purworejo.

“Reaktivasi stasiun itu menarik. Heritage-nya bagus, penataannya akan jauh lebih bagus, tidak hanya untuk penataan sistem transportasi, tapi kita ada publik space yang bisa dimanfaatkan masyarakat,” kata Ganjar.

Terminal ini nantinya akan dikembangkan menjadi terminal terpadu dengan basis transit oriented development (TOD). Terminal terpadu tersebut dapat berfungsi sebagai perkantoran, pusat bisnis, pusat perbelanjaan dan aktivitas penunjang ekonomi lainnya.

Selain itu, juga akan ada area hall seluas 400 meter persegi yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan.

Sementara itu Menhub Budi Karya Sumadi menuturkan pembangunan Terminal Bus Tipe A Purworejo ini semata-mata menterjemahkan arahan Presiden Joko Widodo, untuk membangkitkan angkutan massal.

“Desember ini jadi, insyaallah. Supaya masyarakat lebih senang. Jadi kita di Makassar ada, Palembang ada, Purworejo juga ada [terminal baru],” kata alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya