SOLOPOS.COM - Tim Marching Band Gita Bahana Smepsa Semarang. (Solopos.com/Ria Aldila Putri)

Solopos.com, SEMARANG–Pemerintah Kota Semarang memberikan bantuan hingga ratusan juta rupiah sebagai bentuk dukungan kepada tim Marching Band Gita Bahana Smepsa yang akan tampil di acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Agustus 2023 mendatang.

Wali kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan dirinya sempat kaget tatkala pihak sekretariat istana menyuratinya terkait terpilihnya tim Marching Band Gita Bahana Smepsa untuk bisa tampil di Istana Negara pada peringatan HUT RI ke-78. Ita sangat bangga terhadap prestasi Tim Gita Bahana yang membanggakan.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

“Kami bangga anak-anak bisa tampil di istana dalam acara yang sangat sakral, yaitu Peringatan Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus 2023 di Istana Negara, tentunya saat saya menerima surat dari sekretariat negara tentunya kami juga kaget, bahwa ternyata marching band Gita Bahana Smepsa ini sangat luar biasa sampai menjadi yang terbaik sampai bisa tampil di Istana Negara,” ujar Ita saat pelepasan tim Marching Band Gita Bahana Smepsa di halaman Balai Kota Semarang, Jumat (11/8/2023).

Ita menyebut terpilihnya tim Gita Bahana Smepsa untuk bisa tampil di Istana Negara dapat menjadi pemacu semangat anak-anak di Kota Semarang. Ita kagum terhadap penampilan tim Marching Band Gita Bahana Smepsa yang dapat memadukan gerakan, musik dan tarian dengan kompak.

“Tentu ini menjadi semangat untuk anak-anak kota Semarang anak-anak Indonesia bahwa ternyata mereka bisa tampil sangat luar biasa dan tentu saya mengucapkan terima kasih kepada pembina pelatih orang tua kepala sekolah guru yang bahu membahu, yang tadi kita lihat semacam geladi kotor mereka tampil hanya 5 menit tapi bisa merangkai gerak, musik, dan tarinya dengan kompak, tentu ini menjadi suatu kebanggaan,” kata Ita.

Wali Kota Semarang juga berpesan kepada kontingen Gita Bahana Smepsa agar menjaga stamina dan kondisi badan tetap prima agar dapat tampil maksimal di Istana Negara mendatang.

“Saya berpesan agar anak-anak menjaga stamina menjaga kondisi karena waktunya masih agak panjang tapi ini kan cuaca kering ya jangan sampai nanti di acara puncak mereka tidak tampil maksimal, sehingga tetap jaga badan jaga kondisi sehingga penampilan nanti tetap terbaik di Istana Negara,”

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Semarang, Nining Sulistyaningsih, mengatakan pihaknya berterima kasih terhadap dukungan yang diberikan oleh Pemkot Semarang terhadap anak didiknya sehingga mereka dapat mempersiapkan diri membawa nama Kota Semarang.

“Jadi di bulan Juli kemarin kami mendapatkan surat dari istana bahwa dari pihak kementerian pihak Gita Bahana Smepsa layak tampil di kegiatan peringatan HUT ke-78 RI di Istana Negara. Kami bersama-sama matur ke Ibu Wali Kota dan Alhamdulillah ibu Wali kota support sekali dan semua biaya di tanggung Pemerintah Kota Semarang. Kami ucapkan terimakasih kepada ibu Wali kota Sekarang, Ibu Ita atas semua bantuannya sehingga nanti anak-anak dapat mempersiapkan diri membawa nama kota Semarang di Istana Negara,” ungkap Nining.

Ia menyebut anak didiknya ini selalu berlatih dengan keras sehingga mampu memberikan penampilan yang terbaik. Nining menyebut perlu waktu sekitar 1 tahun untuk akhirnya mereka dapat mahir dan dapat memberikan penampilan yang indah.

“Menjawab keraguan wali murid lain terhadap prestasi kita. Anak-anak bisa tampil sedemikian hebat ini butuh perjuangan yang luar biasa, saya selalu mendampingi mereka latihan dari jam 4-8 bahkan di hari sabtu mereka latihan di jam 8-9 malam, semalam kita latihan juga sampai jam 9 malam. Apa yang ditampilkan anak-anak ini butuh proses waktu 1 tahun tidak hanya mereka sekedar membawa bendera tetapi juga berlatih bagaimana mereka bisa menampilkan suatu seni yang indah, anak-anak butuh perjuangan, jadi inilah bukti nyata anak-anak kita butuh berjuang sampai mereka berprestasi. Tidak ada yang didustakan dari prestasi ini karena Gita Bahana Smepsa merupakan kebanggaan kota Semarang,” tuturnya.

Pemerintah Kota Semarang menggelontorkan dana sebesar Rp283.527.240 sebagai bentuk dukungan untuk tim Marching Band Gita Bahana Smepsa. 120 anggota kontingen dan official akan berangkat ke Jakarta pada Minggu (13/8/2023) dan akan mengikuti serangkaian acara dari geladi kotor, geladi bersih, dan penampilan utama saat Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya