SOLOPOS.COM - Tim SAR gabungan saat mengevakuasi Sukarni, 65, warga asal Dukuh Randang RT 001/RW 003, Desa Semirejo, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati yang meninggal dunia di dalam sumur, Minggu (30/7/2023). (Istimewa/@basarnas_jateng)

Solopos.com, PATI — Tim search and rescue (SAR) gabungan mengevakuasi Sukarni, 65, warga asal Dukuh Randang RT 001/RW 003, Desa Semirejo, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati yang meninggal dunia di dalam sumur, Minggu (30/7/2023) pukul 17. 15 WIB. Kedalaman sumur mencapai 20 meter dan lebar mencapai 1,5 meter.

Informasi itu diunggah di Instagram @basarnas_jateng, Minggu (30/7/2023). Dalam keterangannya dijelaskan tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi korban dalam keadaan meninggal dunia, Minggu.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

Semula, Mbah Sukarni terlihat menyapu di halaman rumah pukul 12.30 WIB. Tak lama kemudian, tetangga mendengar suara teriakan dari dalam sumur yang ternyata Mbah Sukarni di dalam sumur.

Berbekal informasi tersebut, Kepala Kantor SAR Semarang, Suhartanto, memerintahkan Koordinator Unit Siaga Rembang, Nur Zain memberangkatkan 1 tim rescue untuk melaksanakan pertolongan disertai alat SAR vertikal.

Dalam mengevakuasi korban, SAR gabungan menggunakan metode lowering 1 rescuer turn untuk mengikat tubuh korban. Selanjutnya korban ditarik ke atas dengan sistem lifting.

Dengan berhasilnya evakuasi korban maka operasi SAR dinyatakan selesai. Terima kasih atas pelaksanaan operasinya, selanjutnya tim yang terlibat kembali ke kesatuanya masing-masing,” kata Suhartanto seperti diunggah @basarnas_jateng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya