SOLOPOS.COM - Seorang anggota Kodim 0705/Magelang menjalani tes kesamaptaan jasmani untuk mendukung kesiapan tugas. (istimewa/dokumen Kodim Magelang)

Kegiatan TNI Kodim 0705/Magelang mengikuti tes kesamaptaan jasmasni.

Kanalsemarang.com, MAGELANG-Ratusan personel Komando Distrik Militer 0705/Magelang menjalani tes kesamaptaan jasmani guna mendukung kesiagaan mereka dalam menjalankan tugas sehari-hari di wilayah itu.

Promosi BRI dan Microsoft Eksplorasi AI demi Akselerasi Inklusi Keuangan di Indonesia

Perwira Seksi Operasi Kodim 0705/Magelang Kapten (Arm) M. Pitoyo di Magelang, Rabu, mengatakan kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut Selasa-Kamis (3-5/11/2015) diikuti 586 personel militer dan 135 anggota PNS yang bertugas di jajaran kodim setempat.

“Tes kesamaptaan jasmani kali ini untuk periode kedua dalam tahun ini. Bertempat di Lapangan Rindam IV/Diponegoro,” katanya.

Ia menjelaskan tentang pentingnya tes kesamaptaan jasmani tersebut diikuti para personel Kodim setempat yang antara lain untuk mengetahui tingkat kemampuan dan kondisi kesegaran jasmani mereka baik di jajaran Kodim maupun satuan taktis.

“Oleh karena pentingnya tes ini, mereka menjalani dengan penuh semangat, meskipun kondisi cuaca cukup panas saat ini,” katanya.

Pada kesempatan itu, petugas memberikan penjelasan terlebih dahulu kepada para peserta tentang pentingnya tes kesamaptaan jasmani.

Ia menjelaskan tes diawali dengan pemeriksaan kesehatan oleh tim medis dari Rumah Sakit Tentara dr Soedjono Magelang dilanjutkan dengan gerak peregangan.

Mereka kemudian melakukan pemanasan untuk melakukan lari keliling lapangan Rindam IV/Diponegoro sejauh 3.200 meter.

Selain itu, katanya, mereka juga harus melakukan sejumlah gerakan seperti pull up, sit up, push up, dan shuttle run, untuk kemudian dilakukan pemeriksaan postur tubuh. “Semua harus dijalani dengan penuh semangat meskipun tetap mengutamakan faktor keamanan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya