SOLOPOS.COM - Tangkapan layar longsor di Tol Semarang-Solo. (Instagram @infokejadiansemarang)

Solopos.com, UNGARAN — Bencana tanah longsor terjadi di ruas jalan tol Semarang-Solo, tepatnya di KM 436, Kabupaten Semarang, Jumat (4/3/2022) sekitar pukul 14.39 WIB. Akibat tanah longsor tersebut, arus lalu lintas di tol Semarang-Solo, tepatnya di lajur kendaraan menuju ke Solo menjadi tersendat.

Informasi terkait longsor di Tol Semarang-Solo ini pun turut dibagikan beberapa platform media sosial di Instagram. Salah satu yang membagikan video terkait bencana tanah longsor di ruas tol Semarang-Solo adalah akun @infokejadiansemarang.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

“Terjadi longsor lur, lokasi di Jl Tol Semarang – Solo tepatnya di Km 436. Lalulintas terpantau padat. Sudah dalam penanganan jajaran terkait,” tulis akun @infokejadiansemarang sambil membagikan video kiriman @galih_mahessa.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Info Kejadian Semarang (@infokejadiansemarang)

Baca juga: Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Bus Sudiro di Tol Semarang-Solo

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Semarang, AKP Rendi Johan Prasetyo, mengatakan longsor terjadi pada Jumat siang sekitar pukul 14.30 WIB. “Setelah ada laporan terjadinya tanah longsor, petugas langsung menuju lokasi dan melakukan pengaturan. Kami berkoordinasi dengan TMJ [Trans Marga Jateng],” ujarnya Rendi kepada wartawan di Semarang, Jumat.

Rendi mengatakan material longsor masuk ke ruas jalan tol. Alhasil, menyebabkan arus lalu lintas menjadi tersendat karena sebagian jalan yang tertimpa longsor ditutup dengan traffic cone. Meski demikian, jalan tersebut masih tetap bisa dilalui kendaraan menggunakan jalur yang paling kanan.

Guna mempercepat evakuasi material longsor, Rendi mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang. “Kami juga berkomunikasi dengan pihak PJR tol untuk mengendalikan arus [kendaraan] yang menuju ke Solo,” imbuhnya.

Ia pun mengimbau kepada pengguna jalan untuk tetap waspada dalam berkendaraan. Hal ini dikarenakan cuaca eksterm tengah terjadi dan rawan menyebabkan kecelakaan.

Baca juga: Hujan Deras Picu Banjir dan Longsor di Semarang

“Cuaca tidak bisa ditebak, sehingga perlu kewaspadaan. Apalagi saat melintas di jalan tol dengan kecepatan cukup tinggi,” imbaunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya