SOLOPOS.COM - Ilustrasi ziarah di Tempat Permakaman Umum Desa Gringingsari, Batang, Jateng. (Gringsingsari.blogspot.co.id)

Tradisi haul Sunan Kajoran dipadati ratusan warga Batang, Jateng.

Semarangpos.com, BATANG — Ratusan warga, Rabu (5/7/2017), memadati pengajian umum haul Syeh Abdurrahman Pangeran Sunan Kajoran yang dilaksanakan di Tempat Permakaman Umum Desa Gringingsari, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Bupati Batang Wihaji mengatakan haul merupakan tradisi yang baik untuk menghormati aulia atau tokoh agama yang telah berjasa dalam berjuang dalam mensiarkan agama Islam. “Oleh karena, kami meminta kepada masyarakat tetap menjaga tradisi haul yang sudah populer di masyarakat,” katanya saat menghadiri pengajian umum warga Batang tersebut.

Menurut dia, haul merupakan siar agama Islam dan mendoakan aulia sebagai pelaku sejarah yang sudah meninggal dan yang telah berjasa terhadap perkembangan Islam. “Oleh karena, kita sebagai generasi penerus bisa mewariskan yang baik pada generasi selanjutnya,” katanya.

Pada kesempatan itu, Bupati Batang menyampaikan program visi dan misi yang dijanjikan saat berkampanye, yaitu salah satu program prioritas dengan memberikan santunan kematian kepada warga tidak mampu. “Program santunan kematian bagi masyarakaat miskin akan kami mulai pada September 2017. Saat ini, kami masih merancang sistem pencarian agar bisa cepat terlaksana dalam pencairanya,” katanya.

Bu[ati Wihaji yang didampingi Wakil Bupati Suyono dalam kegiatan tradisi Batang itu sempat pula menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat yang hadir pada pengajian umum tersebut. “Pada bulan Syawal ini kami meminta maaf barang kali dalam memberikan pelayanan pada masyarakat yang belum maksimal. Kami baru menjabat satu bulan 13 hari sehingga belum bisa memberikan pelayanaan yang maksimal,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya