SOLOPOS.COM - Regional Coverage Semarang Treasury Client Solution, Hary Tjahjadi (kanan) memberikan keterangan kepada nasabah di Kantor BNI Treasury Regional Area Semarang Jl. MT. Haryono, Kota Semarang akhir pekan lalu. (Insetyonoto/JIBI/Solopos)

Transaksi valas di BNI Semarang bergairah. Nilainya mencapai Rp3,75 miliar.

Kanalsemarang.com, SEMARANG — PT Bank Negera Indonesia (BNI) Persero Tbk, Kantor Wilayah Semarang telah memiliki unit layanan treasury untuk memberikan solusi transaki jual beli valuta asing kepada nasabah. Transaksi valas setiap harinya mencapai US$3 juta atau Rp3,75 miliar.

Promosi Beredar Video Hoax Uang Hilang, Pengamat Sebut Menabung di Bank Sangat Aman

BNI Treasury Regional Area Semarang menempati ruangan ber AC di bagian depan kantor BNI Cabang Utama Semarang  Jl. MT. Haryono, Kota Semarang. “Saat ini kami melayani 100 nasabah premium aktif di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta,” kata Regional Coverage Semarang Treasury Client Solution, Hary Tjahjadi kepada Solopos.com di Semarang akhir pekan lalu.

Para nasabah premium ini, menurut dia, mereka yang melakukan transaksi valuta asing (valas) minimal US$10.000 per hari. Kebanyakan nasabah tersebut, lanjut Hary adalah para eksportir garmen, tekstil, furniture, dan kayu yang berasal dari sejumlah daerah, seperti Semarang, Solo, dan Jepara.

“Saat ini transaksi valas rata-rata setiap hari mencapai senilai US$3 juta,” tandasnya didampingi staf treasury lainnya Fahli Antoni.
Hary menambahkan pihaknya menawarkan berbagai layanan antara lain cross currency swap, currency option, currency forward, dan interest rate swap.

“Kami memberikan berbagai solusi lindung nilai (hedging) yang bermanfaat bagi nasabah untuk mengelolah resiko valas dan suku bunga,” ungkapnya.

Di samping treasury, BNI Cabang Utama Semarang juga menyediakan pelayanan bagi warga Jawa Tengah (Jateng) menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri.

Melalui layanan wesel PIN, tenaga kerja di luar negeri dapat mengirimkan uang tunai kepada keluarganya yang tinggal di Jateng. Caranya cukup mudah, TKI di luar negeri penyetoran uang layaknya menabung di kantor cabang BNI di negara tempat mereka bekerja.

Kemudian pengirim wesel PIN akan mendapatkan kode PIN (personal identification number) atau nomor identifikasi pribadi khusus.
Setelah mendapat kode PIN dari BNI, maka PIN harus dikonfirmasikan kepada penerima di Jateng di agar dapat melakukan pengambilan di kantor cabang BNI terdekat, dengan membawa salinan identitas diri atau kartu tanda penduduk (KTP) dan kode PIN yang telah dikonfirmasi oleh pengirim.

Pemimpin Bidang Pembinaan BNI Kantor Layanan Cabang Utama Semarang, Yurika Skripsianingrum menyatakan wesel PIN untuk TKI merupakan komitmen memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah. ”Kami juga membuka layanan outlet weekand banking setiap Sabtu-Minggu di beberapa lokasi antara lain, BNI Pemuda Semarang, Pelabuhan Indonesia Semarang,  serta di Adi Sucipto dan Bringharjo, Jogja,” beber perempuan berhijab ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya