SOLOPOS.COM - Ilustrasi Taman Rakyat Slawi Ayu di Kabupaten Tegal. (Instagram)

Solopos.com, TEGAL — Bagi masyarakat Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah (Jateng), nama Trasa bukanlah sesuatu yang asing. Trasa merupakan akronim dari Taman Rakyat Slawi Ayu.

Trasa memiliki fungsi yang sama dengan alun-alun pada umimnya. Tempat ini menjadi pusat kegiatan masyarakat Slawi mulai dari bersantai, berolahraga, hingga kegiatan pertunjukkan.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Sesuai dengan namanya, Taman Rakyat Slawi Ayu ini menjadi tujuan masyarakat sekitar untuk menghabiskan waktu luang bersama keluarga atau sekada berkumpul dengan teman selayaknya lokasi hangout. Taman Rakyat Slawi Ayu atau Trasa ini terletak di Jalan Banjaranyar-Tegal, Kelurahan Procot, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal, Jateng.

Taman ini pun menjadi ruang terbuka hijau bagi masyarakat yang terkenal dengan minuman khas teh poci itu. Taman ini juga dihadirkan untuk mempermudah kegiatan masyarakat, seperti pusat jajanan, kuliner, maupun sentra usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Terlebih lagi, Trasa jugaa didesain agar dapat menampung UMKM. Tak hanya UMKM, pedagang kaki lima (PKL) pun bisa menggelar lapaknya di lokasi ini. Meskipun begitu, kegiatan olahraga maupun lainnya tidak terpengaruh dengan hadirnya pelaku UMKM maupun PKL, karena setiap kegiatan sudah ada spotnya masing-masing.

Pengunjung yang datang biasanya memanfaatkan area bagian tengah untuk berolahraga ataupun yang lainnya. Memiliki area yang cukup luas, bahkan di tempat ini juga dapat mengajak anak untuk bermain bola bersama, bermain sepatu roda, atau mungkin sekadar berlarian bebas. Tempat ini juga terdapat beberapa wahana permainan lain yang dapat disewa, harga sewanya pun relatif tak begitu mahal. Taman Rakyat Slawi Ayu atau Trasa merupakan ruang terbuka publik yang senantiasa ramai di pagi, sore hingga malam hari. Di hari Minggu biasanya akan lebih ramai lagi, karena banyak keluarga yang mengajak anak-anak untuk bermain.

Baru setelah puas melakukan aktivitas, bisa menuju ke bagian selatan untuk berburu makanan enak sebagai pengisi perut yang lapar. Dan akhirnya saat akan pulang bisa ke arah utara dulu untuk membeli oleh-oleh khas Kabupaten Tegal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya