SOLOPOS.COM - Kondisi jembatan penyebrangan orang (JPO) di Jalan Diponegoro Ungaran, Kabupaten Semarang yang nyaris roboh karena ditabrak truk Senin (11/9/2023) sore. (Istimewa)

Solopos.com, UNGARAN — Sebuah truk Fuso menabrak jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jalan Diponegoro, Ungaran, Kabupaten Semarang, Senin (11/9/2023) sore. Akibat kecelakaan tunggaal truk tanpa muatan itu, jembatan yang berada di depan Gereja Katolik Kristus Raja Ungaran itu pun nyaris roboh.

Kanit Gakkum Polres Semarang, Iptu Sutarto, mengatakan kecelakaan tunggal truk Fuso itu terjadi pada Senin sore, sekitar pukul 15.50 WIB. Pihaknya belum bisa memaastikan penyebab kecelakaan itu.

Promosi BRI Perkuat Kolaborasi Strategis dengan Microsoft Dorong Inklusi Keuangan

“Untuk sementara penyebab kecelakaan masih kami lakukan penyelidikan. Sopir jugaa sudah dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani perawatan,” ujar Iptu Sutarto, Senin.

Selain menyebabkan jembatan penyeberangan orang nyaris roboh, kecelakaan truk itu juga membuat arus lalu lintas dari arah Semarang maupun sebaliknya mengalami kemacetan. Terlebih akibat benturan keras dengan truk, JPO menjadi miring dan tiang-tiangnya terlepas dari pondasi.

“Kami lakukan rekayasa lalu lintas dengan contra flow dari arah Semarang maupun sebaliknya. Sementara untuk kendaraan kontainer [truk bermuatan besar], diarahkan ke lajur sebelah kanan, karenna JPO terjadi kemiringan,” ungkap Iptu Sutarto.

Dikarenakan JPO tersebut hampir roboh, kata Iptu Tarto, pihaknya langsung berkoordinasi dengan PLN untuk mematikan aliran listrik di JPO. Selain itu, juga telah berkoordinasi dengan Dishub Kabupaten Semarang untuk segera melakukan evakuasi jembatan,

“Sementara akan kita evakuasi, mungkin nanti kita nunggu craine dari Semarang agar kendaraan dari arah Semarang ataupun dari arah Bawen bisa kembali lancar,” tandas Iptu Tarto.

Hingga pukul 18.00 WIB, polisi masih menjaga area sekitar JPO. Mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan dan mengatur arus lalu lintas. Sementara untuk arus lalu lintas dari Semarang menuju arah Bawen ataupun sebaliknya terpantau padat merayap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya