SOLOPOS.COM - Ilustrasi banner acara Semarak Kata Kreatif Indonesia. (Solopos.com-Disporapar Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melalui program Kelana Nusantara memilih Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), sebagai tuan rumah acara Semarang Kabupaten/Kota (Kata) Kreatif Indonesia. Acara ini akan digelar di kawasan Kota Lama Semarang pada 19-21 Mei 2023.

Menurut Kabid Ekonomi Kreatif (Ekraf) Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Harlina Chrismaryanti, saat ini sudah ada delapan kabupaten/kota di Jateng yang ditetapkan sebagai kabupaten/kota kreatif. Meski demikian, nantinya akan ada satu lagi kabupaten yang ditetapkan saat acara Semarak Kata Kreatif Indonesia.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

“Saat acara nanti, ada satu lagi daerah di Jateng yang akan ditetapkan, yaitu Kabupaten Kebumen,” ungkap Harlina, Kamis (11/5/2023).

Harlina menambahkan Jateng dipilih sebagai tuan rumah Semarang Kata Kreatif Indonesia karena memang memiliki jumlah kabupaten/kota kreatif yang banyak. Dari 21 kabupaten/kota yang telah ditetapkan Kemenparekraf, delapan di antaranya berasal dari Jateng.

Kedelapan kabupaten/kota di Jateng yang telah ditetapkan sebagai kabupaten/kota kreatif itu yakni Kota Semarang (fashion), Solo (seni pertunjukan), Rembang (kriya), Karanganyar (seni pertunjukan), Pekalongan (kriya), Salatiga (kuliner), dan Wonosobo (kuliner).

Harlina menambahkan Semarang Kata Kreatif Indonesia bertujuan untuk membentuk jejaring bag pelaku ekonomi kreatif di berbagai daerah. Dengan demikian, diharapkan para pelaku ekraf itu bisa mengembangkan ekonomi kreatif yang lebih baik ke depan, termasuk bagi kabupaten/kota yang belum melakukan penilaian mandiri kabupaten/kota kreatif Indonesia (PMK3I).

“Karena kita ada 35 kabupaten/kota, di mana 16 sudah teruji (PMK3I). Kami ingin semua sudah teruji, oleh karena dengan ruang ini bisa mendorong [kabupaten/kota] yang belum [ditetapkan sebagai kabupaten/kota kreatif] agar bisa segera bisa melakukannya. Karena PMK31 ini harus dilakukan mandiri, dari keinginan para pelaku Ekraf. Kami ingin mereka yang belum dan sudah saling bersinergi bertukar pikiran,” harapnya.

Acara Semarak Kata Kreatif Indonesia ini bakal dibuka Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Selain itu, acara ini juga akan dihadiri Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, dan 30 kabupaten/kota kreatif di Indonesia. Selama acara berlangsung juga akan ditampilkan berbagai kegiatan seperti workshop, fashion show, ratusan stand, pertunjukan seni, pertunjukan musik, hingga menonton film ekraf. Sementara itu, Kota Semarang sebagai tuan rumah juga akan menampilkan acara Semarang Night Carnival.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya