SOLOPOS.COM - Ilustrasi gajah di Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur. (Solopos.com-Antara)

Solopos.com, MAGELANG — PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) menghibahkan dua gajah Sumatra kepada Taman Satwa Semarang atau Semarang Zoo.

Direktur Utama PT TWC, Febrina Intan, mengatakan hibah dua gajah yang memiliki nama latin Elephas Maximus Sumatranus ini untuk mendukung program keberlanjutan konservasi satwa dan edukasi politik mengenai fauna di Indonesia.

Promosi BRI Kembali Gelar Program Pemberdayaan Desa Melalui Program Desa BRILiaN 2024

PT TWC telah melakukan serah terima kelima gajah kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah (Jateng) yang kemudian mempercayakan dua gajah kepada Semarang Zoo untuk dirawat dengan baik.

Menurut dia, pemberian hibah gajah ini merupakan bentuk dukungan PT TWC bagi upaya konservasi satwa liar yang dilindungi oleh negara, melalui mitra yang lebih kredibel dan profesional.

Program ini juga merupakan bentuk sinergi antar-ekosistem pariwisata dan ekosistem konservasi satwa untuk saling mendukung pengembangan nilai edukasi dan pengetahuan kepada masyarakat luas mengenai hewan endemik Indonesia. Selain itu sebagai sosialisasi pentingnya aktivitas konservasi sumber daya alam secara berkelanjutan.

Proses hibah diawali dengan koordinasi bersama untuk mengawal proses pemindahan satwa dari kawasan TWC Borobudur ke Semarang Zoo yang melibatkan berbagai pihak seperti BKSDA Jateng, BKSDA Yogyakarta, Polresta Magelang, Polisi Kehutanan Jateng, pengelola kebun binatang, dokter hewan, akademisi, pawang gajah atau mahout, dan sejumlah LSM.

Intan menjelaskan Taman Wisata Candi Borobudur memiliki lima gajah terdiri atas dua jantan bernama Bona dan Endra serta tiga betina bernama Eca, Lisi, dan Zella. Gajah-gajah tersebut diberikan tempat tinggal yang layak, menikmati rumput segar, serta makanan pendamping berupa wortel, kacang panjang, dan mentimun.

“Secara rutin para pawang juga mengajak kelima gajah ini jalan-jalan, berkeliling menikmati keindahan alam sekitar. Kelima Gajah ini juga mendapatkan perawatan dan pengecekan medis secara berkala untuk memastikan kesehatan mereka. Bahkan wisatawan dapat berinteraksi dengan kelima gajah sambil mengabadikannya dengan kamera,” katanya.

Saat ini Bona dan Zella sebagai satu pasang gajah ditempatkan di Semarang Zoo. Proses pemindahan dua gajah ke Semarang Zoo telah dilakukan pada 13 Juni 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya