SOLOPOS.COM - Undangan pengukuhan enam guru besar UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri (Saizu) Purwokerto, yang akan digelar Selasa (22/8/2023). (Istimewa)

Solopos.com, PURWOKERTO — Jumlah guru besar UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri (Saizu) Purwokerto, Jawa Tengah akan bertambah enam orang.

Dengan bertambahnya enam guru besar tersebut, UIN Saizu kini mempunyai 18 profesor dari berbagai bidang ilmu.

Promosi Siasat BRI Hadapi Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Global

Pengukuhan enam guru besar sekaligus itu bakal digelar di Auditorium Utama UIN Saizu, Selasa (22/8/2023) dimulai pukul 08.00 WIB.

Ratusan tamu undangan dan keluarga para guru besar dijadwalkan hadir. Rektor UIN Saizu, Roqib, menyampaikan rasa syukur dan bangga atas pencapaian para guru besar ini.

“Hal inilah yang selalu saya harapkan dan sampaikan pada seluruh dosen UIN Saizu bahwa tidak ada dosen yang pensiun sebelum meraih predikat tertinggi dalam kariernya yakni guru besar,” tuturnya Roqib yang merupakan profesor Ilmu Pendidikan Islam itu, dari rilis yang dikutip Solopos.com, Sabtu (19/8/2023).

Berdasarkan informasi yang diterima, keenam guru besar baru tersebut masing-masing Prof. Dr. H. Munjin, M.Pd.I. dikukuhkan sebagai guru besar bidang pendidikan agama Islam; Prof. Dr. Hj. Naqiyah, M.Ag. dikukuhkan sebagai guru besar bidang ilmu tafsir; Prof. Dr. H. Supriyanto, M.S.I. sebagai guru besar bidang filsafat Islam.

Kemudian Prof. Dr. Kholid Mawardi, M.Hum. dikukuhkan sebagai guru besar bidang ilmu sejarah kebudayaan Islam; Prof. Dr. Hj. Khusnul Khotimah, M.Ag. sebagai guru besar bidang ilmu akhlak dan tasawuf; dan Prof. Dr. H. Abdul Wachid, M.Hum. sebagai guru besar bidang ilmu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

Secara bergiliran, para guru besar ini menyampaikan pidato pengukuhannya masing-masing.

Salah satu pidato pengukuhan disampaikan Abdul Wachid berjudul Moderasi Beragama melalui Literasi Sastra Indonesia di Pondok Pesantren.

Dalam pemikirannya, Abdul Wachid yang merupakan salah satu penulis aktif esai di Solopos Media Group (SMG) itu menyatakan pesantren menyediakan lingkungan pembelajaran yang kuat dengan pendekatan kontekstual dalam pemahaman agama.

Hal ini berarti pesantren mengajarkan nilai-nilai agama dengan memperhatikan realitas sosial, kultural, dan sejarah Indonesia.

Dalam konteks moderasi beragama, pesantren memberikan pemahaman yang lebih luas tentang ajaran Islam yang mengedepankan rahmatan lil’alamin (rahmat bagi seluruh alam) dan prinsip-prinsip persaudaraan.

Menurutnya, literasi sastra sangat penting diajarkan di pesantren karena sastra memiliki kesamaan dengan tasawuf, yaitu mendekatkan hati manusia kepada Allah Swt.

Kemampuan bersastra dalam diri santri dapat melembutkan hati, pikiran, dan perilaku.

Hati, pikiran, dan perilaku yang lembut merupakan pangkal dari sikap keberagamaan yang moderat (tengah).

Sikap moderat merupakan salah satu sikap Nabi Muhammad saw. yang patut diteladani karena beliau adalah sosok yang adil bagi kaumnya dan bagi orang lain.

Dengan pengetahuan agama dan sastra yang mendalam, santri memiliki kepekaan perasaan, kejernihan pikiran, dan sikap egaliter yang kuat.

“Praktik moderasi beragama melalui literasi sastra Indonesia oleh santri di pondok pesantren berangkat dari tradisi pembacaan kitab yang dilaksanakan secara bandongan dan sorogan,” tutur dia saat menghubungi Solopos.com, Sabtu.

Guru Besar UIN Saizu Purwokerto, Jawa Tengah

1. Prof. Dr. H. M. Dailamy SP, Bidang Ulumul Hadits

2. Prof. Dr. H. Sunhaji, M.Ag, Bidang Ilmu Pengelolaan Pengajaran

3. Prof. Dr. H. Abdul Basit, M.Ag, Bidang Ilmu Dakwah

4. Prof. Dr. H. Fauzi, M.Ag, Bidang Ilmu Pendidikan

5. Prof. Dr. H. Ridwan, M.Ag, Bidang Ilmu Hukum Islam

6. Prof. Dr. Hj. Tutuk Ningsih, M.Pd, Bidang Ilmu Sosiologi Pendidikan



7. Prof. Dr. H. Moh. Roqib, M.Ag, Bidang Ilmu Pendidikan Islam

8. Prof. Dr. H. Suwito, M.Ag, Bidang Ilmu Pengkajian Islam/ Pemikiran Islam (Tasawuf)

9. Prof. Dr. H. Subur, M.Ag, Bidang Ilmu Pendidikan

10. Prof. Dr. H. Sulkhan Chakim, S.Ag., M.M, Bidang Ilmu Kajian Budaya dan Media

11. Prof. Dr. Ansori, M.Ag, Bidang Ilmu Hukum Islam

12. Prof. Dr. H. Rohmad, M.Pd, Bidang Ilmu Evaluasi Pendidikan

13. Prof. Dr. Abdul Wachid B.S., S.S., M.Hum, Bidang Ilmu Pendidikan dan Sastra Indonesia

14. Prof. Dr. Hj. Naqiyah, M.Ag, Bidang Ilmu Tafsir

15. Prof. Dr. Munjin, M.Pd.I, Bidang Ilmu Manajemen Pendidikan Islam

16. Prof. Dr. Kholid Mawardi, S.Ag., M.Hum, Bidang Ilmu Sejarah Kebudayaan Islam

17. Prof. Dr. H. Supriyanto, Lc., M.S.I, Bidang Ilmu Filsafat Islam

18. Prof. Dr. Hj. Khusnul Khotimah, M.Ag, Bidang Ilmu Akhlaq Tasawuf

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Program CSR Pertamina Raih 6 Penghargaan di Vietnam

Program CSR Pertamina Raih 6 Penghargaan di Vietnam
author
Rohmah Ermawati Selasa, 30 April 2024 - 00:30 WIB
share
SOLOPOS.COM - PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah meraih enam penghargaan best community program dalam ajang Annual Global CSR & ESG Summit and Awards 2024 di Thai Ha Grand Ballroom, Kota Hanoi, Vietnam, Kamis (25/4/2024) lalu. (Istimewa/Pertamina)

Solopos.com, SOLO — PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah meraih enam penghargaan best community program kategori 1 gold, 4 silver, dan 1 bronze di ajang Annual Global CSR & ESG Summit and Awards 2024. Penghargaan diterima di Thai Ha Grand Ballroom, Kota Hanoi, Vietnam, Kamis (25/4/2024).

Ajang tersebut diselenggarakan The Pinnacle Group Internasional, yang berkantor pusat di Singapura.

Promosi Siasat BRI Hadapi Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Global

Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho menyebut penghargaan tersebut diterima sebagai keberhasilan dalam menjalankan enam program corporate social responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) oleh unit operasi Pertamina di Regional Jawa Bagian Tengah (RJBT).

Satu penghargaan gold diperoleh dari Program Green and Climate Resilient Agriculture of Maos dari Fuel Termina Maos. Untuk empat penghargaan silver dari program – program antara lain Program Pertamina Sehati dari Integrated Terminal (IT) Semarang dan Program Ketapang Pelastri (Ketahanan Pangan dan Pekarangan Lestari) dari IT Cilacap.

Koran Solopos

Disabilities Health Center Program Fuel Terminal (FT) Rewulu dan Program The Circular Economy Innovation of Pandawa Patra : Collaboration to Build an Inclusive Agricultural System with Sustainable Energy dari FT Boyolali juga mampu menyabet penghargaan tersebut.

Terakhir, penghargaan bronze diperoleh dari Aviation Fuel Terminal Ahmad Yani dengan Program Mami Sera (Mangunharjo Mandiri Sejahtera).

“Kami sungguh bangga dengan pencapaian ini, karena tidak hanya membawa kebanggaan bagi keluarga besar Pertamina, tetapi juga bagi bangsa Indonesia karena pengakuan ini datang dari kancah internasional,” ujarnya, dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Senin (29/4/2024).

Emagazine Solopos

Brasto mengungkapkan penghargaan yang diterima Pertamina dalam ajang Annual Global CSR & ESG Summit & Awards merupakan salah satu wujud pengakuan dunia terhadap implementasi aspek environment, social, governance (ESG) yang dijalankan Pertamina dalam setiap proses bisnisnya.

“Acara Annual Global CSR & ESG Summit & Awards merupakan forum bergengsi yang dihadiri oleh perusahaan-perusahaan besar dunia yang peduli terhadap program TJSL atau CSR. Kami merasa bersyukur karena Pertamina Patra Niaga termasuk di antara perusahaan-perusahaan yang dihargai dalam ajang prestisius ini,” lanjut Brasto.

Brasto menyoroti penghargaan tersebut merupakan pengakuan terhadap keseriusan Pertamina dalam menerapkan prinsip-prinsip ESG dalam seluruh operasionalnya.

Interaktif Solopos

Dia menilai program-program CSR yang telah dilaksanakan juga turut berperan dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) atau sustainable development goals (SDGs).

Khususnya, sambung dia, dalam upaya mengurangi kemiskinan, meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan, dan menciptakan lapangan kerja yang layak. Progam tersebut juga dinilai membangun infrastruktur yang berkelanjutan, mengurangi kesenjangan, memperbaiki kondisi kota, mempromosikan perdamaian, meningkatkan keadilan, dan memperkuat kemitraan untuk mencapai tujuan bersama.

“Kami sangat bersyukur atas penghargaan ini, yang merupakan hasil dari kerja keras dan komitmen tim kami dalam menjalankan program-program CSR yang berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar,” kata dia.



Pihaknya akan terus berinovasi dan berkolaborasi untuk memberikan dampak yang lebih besar bagi Indonesia dan dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Indonesia Boyong 13 Medali di Kejuaraan Dunia Kempo Turki

Indonesia Boyong 13 Medali di Kejuaraan Dunia Kempo Turki
author
Newswire , 
Abu Nadzib Selasa, 30 April 2024 - 00:29 WIB
share
SOLOPOS.COM - ontingen Kempo Indonesia memamerkan medali yang diperoleh dalam kejuaraan IKF World Kempo Championship 2024 saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (29/04/2024). (ANTARA/FAJAR SATRIYO)

Solopos.com, ANTALYA — Indonesia memboyong 13 medali yang terdiri atas dua emas, empat perak dan tujuh perunggu dari Kejuaraan Dunia Kempo 2024 di Antalya, Turki, pada 22-28 April 2024.

Perolehan 13 medali tersebut membuat Indonesia menempati peringkat keempat klasemen kejuaraan dunia yang diikuti oleh 41 negara tersebut.

Promosi Siasat BRI Hadapi Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Global

“Ini kali keempat kita ikut Kejuaraan Dunia Kempo. Kita mengirim tim yang lebih sedikit dari biasanya. Tahun ini enam orang, jadi tidak bisa mempertahankan peringkat dua karena lawannya ada yang mengirim 80 sampai 90 atlet,” kata Wakil Ketua Umum Senior Federasi Kempo Indonesia (FKI) Timbul Thomas Lubis kepada pewarta, Senin (29/4/2024).

Koran Solopos

Merah Putih memboyong dua medali emas melalui nomor kata perseorangan 16-18 melalui M. Fajar Alkadafi dan dari kata synkronik 16-18 lewat trio M. Adib Mubarak, M. Fajar Alkadafi dan M. Dafa Amanullah.

Indonesia yang memboyong enam atlet dengan mengikuti 10 nomor tradisional dan 11 nomor fighting, semuanya sukses memperoleh medali.

“Targetnya beda dari yang dulu karena kirim banyak. Kali ini lebih rasional. Tapi kita cukup senang dengan mengirim tujuh orang yang beranggotakan enam atlet dan 1 CdM ini kita bisa meraih dua medali emas, empat perak dan tujuh perunggu,” kata Timbul seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Emagazine Solopos

Dalam turnamen ini Indonesia cuma kalah bersaing dengan Rumania, Spanyol dan Portugal.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

4 Pengusaha Bergabung, Sumbangan untuk Timnas Garuda Muda jadi Rp27 Miliar

4 Pengusaha Bergabung, Sumbangan untuk Timnas Garuda Muda jadi Rp27 Miliar
author
Abu Nadzib , 
Abu Nadzib Selasa, 30 April 2024 - 00:22 WIB
share
SOLOPOS.COM - Skuad Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia U23 Qatar. (Istimewa)

Solopos.com, DOHA — Jumlah pengusaha yang menyumbang untuk Timnas Indonesia yang berjuang di Piala Asia U-23 terus bertambah.

Hingga Senin (29/4/2024) malam, ada tambahan empat pengusaha yang menyumbang masing-masing Rp1 miliar sehingga total dana untuk Garuda Muda senilai Rp27 miliar.

Promosi Siasat BRI Hadapi Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Global

Keempat pengusaha tersebut masing-msaing Chandra Ekajaya (PT Sillo Maritime Tbk), Soetjahjono Winarko (Union Sampoerna Group), Haryanto Tjiptodihardjo (PT Impact Pratama Industri Tbk) dan Alvin Sariaatmadja (Emtek Group)

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 23 pengusaha di Indonesia melakukan penggalangan dana untuk disumbangkan kepada Garuda Muda yang berhasil lolos semifinal Piala Asia 2024.

Koran Solopos

Penggalangan dana itu dilakukan secara spontan di akhir acara Halalbihalal Kadin Indonesia Komite Tiongkok (KIKT) yang berlangsung di Jakarta, Minggu (28/4/2024).

Pengusaha yang menyumbang yaitu Sugianto Kusuma (Agung Sedayu Group), Franky O Widjaja (Sinarmas Group), Anthony Salim (Salim Group), Maruara Sirait (Puri Damai Sejahtera), Garibaldi Thohir (Adaro Group), Peter Sondakh (Rajawali Group), Arsjad Rasjid (Indika), Shinta W Kamdani (Sintesa Group), Rosan Rooslani (Recapital Group), Anindya Bakrie (Bakrie Group), Hilmi Panigoro (PT Medco Energi Internasional Tbk), Djoko Susanto (Alfamart), Kuntjoro Wibowo (Ace Hardware), Agus Pangestu (Barito Pacific Group), Prijono Sugiarto (Astra), Wishnu Wardhana (Teladan), Arief Rahmat (Triputra), Winato Kartono (Merdeka Group), Mr Ding Liguo (Dexin Steel-Hebei Delong Steel), Lawrence Barki (Harum Energy Group), Peter Tanuri (Bali United), Pandu Sjahrir (TBS), Budi Simin (MMS).

Masing-masing dari mereka menyumbang Rp1 miliar untuk Timnas Indonesia.

Emagazine Solopos

Ketua Kadin Indonesia Komite Tiongkok (KIKT) Garibaldi Thohir atau Boy Thohir seusai memberikan sambutan memanggil Maruarar Sirait, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid dan Wakil Ketua Umum III Kadin Shinta Kamdani ke depan.

Rupanya, Maruarar menginisiasi pengumpulan dana sebagai dukungan untuk Tim Nasional Indonesia yang berhasil menorehkan sejarah, yakni lolos ke babak semifinal Piala Asia U-23 untuk kali pertama.

Aksi yang berjalan spontan itu membuahkan hasil, 23 pengusaha sepakat untuk memberikan sumbangan total senilai Rp23 miliar bagi Timnas Indonesia.

Interaktif Solopos

Dalam sambutannya di acara tersebut Boy Thohir berpesan kepada para pengusaha agar bersatu dan berekonsiliasi untuk masa depan bangsa.

Boy Thohir membuka pidato sambutannya dengan mengucap syukur bahwa momen besar tahun ini, yakni Pemilu 2024 terlaksana dengan baik.

Hal itu pun turut disyukuri oleh para pengusaha, karena pemilu yang kondusif dapat turut mendukung tumbuhnya perekonomian.



“Sebagai bangsa, kita patut berbesar hati karena Pemilu ini merupakan pemilihan umum serentak terbesar dalam sejarah dunia, dengan proses yang berjalan tertib dan lancar. Selamat kepada Bapak Presiden terpilih Prabowo Subianto atas amanah baru yang dipercayakan oleh rakyat Indonesia,” ujar Boy Thohir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories