SOLOPOS.COM - awal puasa ramadan

Solopos.com, SEMARANG — Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang menggelar Lokakarya Imsakiyah Ramadan 1444 H/2023 di Gedung Observatorium dan Planetarium UIN Walisongo, Selasa (14/2/2023). Kegiatan itu digelar untuk menentukan perkiraan awal puasa atau 1 Ramadan 1444 H yakni pada hari Kamis Pon, 23 Maret 2023.

Lokakarya Imsakiyah Ramadan 1444 H yang digelar UIN Walisongo ini bertujuan untuk mengetahui jatuhnya awal Bulan Ramadan serta jadwal imsak. Selain itu, juga untuk mengetahui penampakan hilal awal Ramadan dan memberikan rekomendasi hasil rukyah kepada pemerintah untuk penempatan awal Ramadan dan Syawal 1444 H.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Kegiatan lokakarya ini dikuti peserta dari berbagai perwakilan seperti Kanwil Kemenag Jateng, Kemenag Kota Semarang, PW NU Jateng, PW Muhammaadiyah Jateng, PCNU Kota Semarang, PD Muhammadiyah Kota Semarang, LDII Jateng, MUI Jateng, Kesbangpol Jateng dan Kota Semarang, serta mahasiswa Ilmu Falak UIN Walisongo.

Hadir sebagai narasumber dalam acara itu antara lain ahli falak sekaligus pengurus Lajnah Falakiyah PBNU, Slamet Hambaki; Wakil Dekan III Fakultas Syariah dan Hukum UIN Walisongo, Ahmad Izzudin, dan Ahmad Syaiful Anam.

Sekertaris LP2M UIN Walisongo, Muh Syaroni, mengatakan lokakarya itu digelar setiap tahun guna memberikan pencerahan kepada masyarakat terkait persoalan imsakiyah Ramadan.

“Jadwal imsakiyah ini sudah ditunggu masyarakat. Maka, hari ini dilaksanakan di Planetarium UIN Walisongo. Bapak ibu [hadirin] diberikan kesempatan untuk simulaasi di Observatorium UIN Walisongo. Hal ini agar kita taau secara teori, tapi juga melalui simulaasi dan merasakan bagaimana situasi yang sebenarnya,” ujar Syaroni dalam keterangan resmi yang diterima Solopos.com, Selasa.

Sementara itu, Slamet Hambali, selaku ahli falak dan pengurus Lajnah Falakiyah PBNU mengatakan berdasarkan hasil prediksi awal puasa atau 1 Ramadan dan awal Syawal, maka dipastikan potensi seluruh umat Islam di Indonesia menjalankan puasa pertama adalah 23 Maret 2023.

“Memperhatikan keadaan hilal akhir Syaban 1444 H yang seluruh wilayah Indonesia hilal sudah di atas ufuk dan sudah memenuhi kriteria Mabims II dan juga rekomendasi Jakarta 2017, maka bisa dipastikan 1 Ramadan 1444 Hijriah, insyaallah jatuh pada Kamis Pon, 23 Maret 2023. Walau demikian, harus tetap menunggu hasil sidang isbat dari Pemerintah yang dilaksanakan Rabu Pahing, 22 Maret setelah salat magrib,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Sementara itu, untuk awal 1Syawal 1444 H atau Hari Raya Idulfitri diperkirakan akan jatuh pada Sabtu Pon, 22 April 2023.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya